PERHITUNGAN VOLUME SEMBURAN DAN SEBARAN LUMPUR SIDOARJO DENGAN CITRA IKONOS BULAN JUNI, AGUSTUS, OKTOBER 2011

Aulia Mustika Akbari, Teguh Hariyanto

Abstract


Banjir lumpur panas Sidoarjo adalah peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran Lapindo Brantas Inc. di Dusun Balongnongo Desa Renoenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, sejak 29 Mei 2006. Sudah lima tahun sejak terjadinya kerusakan alam lumpur Lapindo di kabupaten Sidoarjo, tetapi luapan lumpur belum juga dapat dihentikan. Genangan Lumpur terus bertambah terutama di sekitar pusat semburan Lumpur. Sehingga tanggul penahan lumpur sudah beberapa kali jebol akibat luapan lumpur yang tidak dapat lagi dibendung. Pengamatan volume dan arah semburan lumpur diharapkan dapat membantu memprediksi penanggulangan lumpur Sidoarjo.

Dalam penelitian ini citra satelit Ikonos yang memiliki resolusi tinggi dan ditunjang dengan data pengukuran tinggi volume semburan dengan metode trigonometris  maka akan dihasilkan perhitungan langsung volume semburan lumpur Sidoarjo. Dengan citra satelit Ikonos bulan Juni, Agustus, dan Oktober 2011 selanjutnya dilakukan analisa perubahan dan sebaran lumpur Sidoarjo untuk memberikan informasi terkini mengenai kondisi tutupan dan sebaran lumpur Sidoarjo.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa prediksi volume lumpur hasil dari pengamatan langsung sebesar 63.813,053 meter kubik per hari dan hasil volume lumpur pengamatan tak langsung sebesar 51.143,585 meter kubik per hari dengan arah sebaran lumpur dominan mengarah kearah barat dan selatan tanggul. Kondisi tutupan lumpur sampai dengan bulan oktober 2011 di dominasi oleh lumpur mengering.


Keywords


Penginderaan Jauh; Ikonos; Lumpur Sidoarjo; Volume; Sebaran

Full Text:

PDF

References


Abidin, HZ, 2000. Penentuan Posisi dengan GPS dan Aplikasinya. Jakarta: Pradnya Paramita.

Frick, Heinz Ir. 2006. Ilmu dan Alat Ukur Tanah. Yogyakarta: Kanisius

Prahasta, Eddy. 2008. Remote Sensing Praktis Penginderaan Jauh dan Pengolahan Citra Dijital dengan Perangkat Lunak ER Mapper. Bandung: Informatika.

Rianelly, Prenita S., 2011. Analisa Perubahan Tata Guna Lahan Wilayah Surabaya Barat Menggunakan Citra Satelit Quickbird Tahun 2003 Dan 2009. Surabaya: Tugas Akhir Program Studi Teknik Geomatika ITS.

Analisis Remote Sensing: Pola Dinamika Sebaran Luapan Lumpur URL:http://www.bpls.go.id/teknis/310-analisis-remote-sensing-pola-dinamika-sebaran-luapan-lumpur Dikunjungi pada Jumat, 11 November 2011, jam 13.10.

Banjir Lumpur Panas Sidoarjo URL:http://id.wikipedia.org/wiki/Banjir lumpur_panas_Sidoarjo Dikunjungi pada Jumat, 11 November 2011, jam 13.10.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v7i2.7352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.