Pemodelan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Angka Kematian Ibu di Jawa Timur Menggunakan Geographically Weighted Regression

Ilalang Akar Pertiwi, Nurul Kholisatin, Naziehah Taibatunniswah, Achmad Choiruddin, Sutikno Sutikno

Abstract


Angka Kematian Ibu merupakan jumlah kematian ibu di setiap 100 kelahiran bayi hidup. Kematian ibu menjadi salah satu indikator dalam menggambarkan kesejahteraan masyarakat di suatu negara. Kematian ibu juga menjadi salah satu parameter terkait derajat  kesehatan perempuan. Jumlah kematian ibu dihitung dari kematian selama masa kehamilan, persalinan, dan nifas atau pengelolaannya, bukan dihitung dari sebab-sebab lainnya seperti kecelakaan atau jatuh. Banyak faktor yang dapat menyebabkan kematian ibu diantaranya, kunjungan ibu hamil antenatal, riwayat komplikasi, kekurangan darah, persalinan di fasilitas pelayanan kesehatan, tenaga kesehatann terlatih, dan lain-lain. Dalam analisis ini akan dilakukan pemodelan statistika untuk mengetahui faktor-faktor penyebab tingginya persentase kematian ibu di Jawa Timur dengan menggunakan regresi linier dan juga pemodelan spasial. Terdapat delapan variabel prediktor yang masing-masing karakteristiknya berbeda satu-denga yang lain. Berdasarkan kebaikan modelnya, metode OLS adalah metode paling baik yang dapat menggambarkan kasus tingginya angka kematian ibu di Jawa Timur dengan baik.

Keywords


AKI; Jawa Timur; OLS; Regresi; Spasial

Full Text:

PDF

References


Databoks, "Angka Kematian Ibu Turun Menjadi 305," 2017. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/. [Accessed 16 Desember 2019].

Kompas, "Angka Kematian Ibu Tertinggi ada di Jawa Barat," 2014. [Online]. Available: https//sains.kompas.com. [Accessed 16 Desember 2019].

Kemkes, "Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 97 Tahun 2014," 2016. [Online]. Available: https://kesga.kemkes.go.id/. [Accessed 16 Desember 2019].

Wahyu, Rawan Kematian Ibu Hamil di Tapal Kuda, Surabaya: Berita Metro, 2017.

A. Choiruddin, Pemodelan Indikator Pencemar Biological Oxygen Demand di Kali Surabaya Menggunakan Pendekatan Spatial-Temporal Weighted Regression, Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j27213862.v4i1.8930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Inferensi by Department of Statistics ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/inferensi.

ISSN:  0216-308X

e-ISSN: 2721-3862

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats