Analisis Citra Landsat ETM+ untuk Kajian Awal Penentuan Daerah Potensi Panas Bumi di Gunung Lamongan, Tiris, Probolinggo

Widya Utama, Ayi Syaeful Bahri, Dwa Desa Warnana

Abstract


Dalam peneltian, citra Landsat ETM+ dipakai untuk mengidentifikasi geomorfologi dan distribusi temperatur permukaan bumi untuk mengenali daerah prospek potensi panas bumi di wilayah Gunung Lamongan, Tiris, Kabupaten Probolinggo. Koreksi yang dilakukan dalam pengolahan citra dilakukan secara standar. Interpretasi geomorfologi menunjukan adanya sesar dominan pada arah barat laut - tenggara. Interpretasi suhu permukaan menunjukkan manifestasi sumber panas bumi di permukaan di dekat sistem sesar. Hal ini menunjukkan bahwa
gunung Lamongan merupakan daerah potensi energi panas bumi yang perlu dikaji lebih lanjut untuk mendeliniasi daerah reservoir di bawah permukaan melalui kajian geologi, geokimia dan geofisika.

Keywords


panas bumi; citra Landsat 7 ETM+; geomorfologi temperatur bumi

Full Text:

PDF

References


Thoha, Achmad Siddik, Karakteristik Citra Satelit (Departemen Kehutanan Fakultas Pertanian, Universitas Sumatra Utara, 2008).

Chander, Gyanesh, Brian L. Markam, and Dennis L. Helder, Journal Remote Sensing of Environment 113, ELSEVIER (2009).

Supriatna, Wahyu, dan Sukartono, Buletin Teknik Pertanian, 7, no. 1, Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat, Bogor (2002).

Barsi, Julia A., John L. Barker, John R. Schott, An Atmospheric Correction Parameter Calculator for a Single Thermal Band Earth-Sensing Instrument, IEEE (2003).

Yuan, Fei, and Marvin E. Bauer, Comparison of Impervious Surface Area and Normalized Difference Vegetation Index as Indicators of Surface Urban Heat Island Effect in Landsat Imagery, Journal Remote Sensing of Environment, ELSEVIER (2006).

Renaldi, Alvin Agustino, Aplikasi Filter Konvolusi Laplace pada Data Citra Satelit Landsat 7 ETM+ untuk Analisa Kemelurusan (Linement) dalam Pemetaan Bahan Galian Golongan C di Kabupaten Bangkalan, Teknik Fisika ITS, Surabaya (2004).

Sukristiyanti dan Marganingrum, Pendeteksian Kerapatan Vegetasi dan Suhu Permukaan Menggunakan Citra Landsat, Studi Kasus : Jawa Barat Bagian Selatan dan Sekitarnya, Jurnal Riset dan Pertambangan Jilid 19 No.1, LIPI, Bandung (2009).




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24604682.v8i1.858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.