Hubungan Antara Penganggaran Pekerjaan Konstruksi Pemerintah dengan Kualitas dan Pemanfaatan Infrastruktur Indonesia

Angga Eka Wicaksana

Abstract


Banyak proyek infrastruktur di Indonesia sampai saat ini belum termanfaatkan dengan baik dan berdampak pada kualitas infrastruktur terbangun. Kondisi ini secara tidak langsung akan berdampak tidak baik terhadap pembangunan sosial dan ekonomi. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya pemanfaatan infrastruktur, salah satunya ditengarai berkaitan dengan penganggaran pada setiap tahunnya. Akan tetapi sampai saat ini masih sangat sedikit penelitian yang secara khusus melihat bagaimana keterkaitan antara Penganggaran Pekerjaan Konstruksi Pemerintah Dengan Kualitas dan Pemanfaatan Infrastruktur Indonesia di Indonesia. Beranjak dari kondisi ini maka makalah ini dimaksudkan untuk melakukan kajian terhadap permasalahan pada penganggaran pekerjaan konstruksi pemerintah yang memberikan pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap Kualitas dan Pemanfaatan Infrastruktur Indonesia. Kajian ini merupakan kajian deskriptif terhadap berbagai hasil penelitian, literatur, peraturan perundangan terkait, serta berbagai informasi yang relevan. Hasil penelusuran memperlihatkan masih terdapat berbagai permasalahan baik teknis maupun non-teknis pada penganggaran pekerjaan konstruksi pemerintah yang secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi Kualitas dan Pemanfaatan Infrastruktur Indonesia. Terdapat benang merah antara Penganggaran Pekerjaan Konstruksi Pemerintah Dengan Kualitas dan Pemanfaatan Infrastruktur Indonesia, dimana kegagalan pencapaian quality assurance ini secara tidak langsung akan mempengaruhi pemanfaatan infrastruktur terbangun. Untuk itu perlu dipastikan bahwa pengadaan pekerjaan konstruksi yang dilaksanakan terencana dengan baik serta berjalan sesuai dengan tujuan dan target yang telah ditetapkan. Karena jika kegiatan pengadaan direncanakan dan dikelola dengan baik, maka akan mudah mengidentifikasi permasalahan pada setiap tahapan pengadaan dan rekomendasi perbaikan sehingga nilai manfaat bagi masyarakat dari nilai pengadaan yang dilaksanakan akan dapat dipenuhi.

Keywords


Anggaran Pemerintah; Pekerjaan Konstruksi; Kualitas; Pemanfaatan; Infrastruktur Indonesia

Full Text:

PDF

References


J. Van der Geer, J.A.J. Hanraads, R.A. Lupton, The art of writing a scientific article, J. Sci. Commun. 163 (2000) 51–59.

W. Strunk Jr., E.B. White, The Elements of Style, third ed., Macmillan, New York, 1979.

G.R. Mettam, L.B. Adams, How to prepare an electronic version of your article, in: B.S. Jones, R.Z. Smith (Eds.), Introduction to the Electronic Age, E-Publishing Inc., New York, 1999, pp. 281–304.

http://www.iigf.co.id




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2017i5.3022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.