Penentuan Prioritas Penanganan Aksesibilitas Infrastruktur Kawasan Perbatasan di Desa Kumba Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang

Ferry Juniardi, Asep Supriadi, Erwin Sutandar, Heri Azwansyah

Abstract


Prioritas dalam penanganan infrastruktur dipilih sebagai upaya strategi terbatasnya dana yang ada. Studi ini bertujuan untuk menentukan skala prioritas penanganan aksesibilitas infrastruktur di Desa Kumba Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang.

Studi ini membutuhkan data-data aksesibilitas dan kondisi infrastruktur dasar yang diperoleh dari instansi terkait, observasi lapangan dan interview. Studi ini menggunakan metode IRAP (Integrated Rural Accessibility Planning). Tingkat aksesibilitas menggunakan beberapa indikator aksesibilitas tiap infastruktur.

Hasil penelitian menghasilkan bahwa tingkat kesulitan aksesibilitas terbesar di Dusun Saparan dan Dusun Sindang Kasih adalah akses terhadap sektor pasar dengan nilai aksesibilitas masing-masing 15,422 dan 15,000. Intervensi utama yang dilakukan untuk perbaikan aksesibilitas terhadap sektor pasar adalah fasilitas dari sektor ini yaitu dengan membangun pasar  atau tempat penampungan hasil di kedua dusun, dan intervensi kedua adalah penanganan prasarana transportasi berupa perbaikan jaringan jalan.


Keywords


infrastruktur; IRAP; nilai aksesibilitas

Full Text:

PDF

References


H. Azwansyah and F. Januardi, Studi Pengelolaan Infrastruktur Dasar Kecamatan Telok Batang Kabupaten Kayong Utara Studi Kasus Desa Sungai Paduan dan Desa Mas Bangun, Jurnal Langkau Betang. Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Sipil Untan, 2014.

C. Donnges, Rural Access and Employment, The Laos Experience. Development Policies Departement. Geneva: ILO office Geneva, 1999.

R. Dennis, Rural Transport and Accessibility. Development Policies Departement. Geneva: ILO office Geneva, 1998.

BPS Kab. Bengkayang, “Kecamatan Jagoi Babang Dalam Angka,” 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2017i5.3135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.