Analisa Pengaruh Variasi Komposisi Gas Pelindung Terhadap Hasil Pengelasan Gmaw-Short Circuit dengan Penggunaan Mesin Khusus Regulated Metal Deposition (RMD)

Zakwan Hilmy, Nur Syahroni, Yoyok S. Hadiwidodo

Abstract


Salah satu faktor yang menentukan hasil pengelasan adalah gas pelindung (Shielding Gas). Jenis dan komposisi gas pellindung pada pengelasan memberikan hasil yang berbeda antara satu dengan lainnya. Moda transfer GMAW- short circuit sering tidak dilakukan karena memiliki tingkat kesukaran yang tinggi. Oleh sebab itu perusahaan listrik Miller membuat terobosan dengan menciptakan RMD (Regulated Metal Deposition). Oleh karena itu diadakan penelitian yang bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh variasi gas pelindung elektroda yang digunakan pada proses pengelasan GMAW dengan menggunakan mesin RMD (Regulated Metal Deposition) dengan transfer moda secara short circuit terhadap hasil pengelasan pipa baja ASTM A106 dengan komposisi Ar+CO2 (90%+10%, 80%+20%, 75%+15%, 0%+100%) pada posisi Flat, horizontal, vertical, dan overhead di bagian root. Analisa terhadap hasil pengelasan menunjukan bahwa kriteria yang diamati seperti hardness, level spatter, tebal weld metal, serta bentuk dan konsistensi hasil pengelasan (weld bead) mengalami perubahan terhadap penambahan komposisi gas CO2. 100% gas CO2 menghasilkan nilai kekerasan terendah yaitu 186.46 HV dan level spatter tertinggi yaitu 12.27%. Bentuk weld bead yang tidak konsisten dihasilkan seiring bertambahnya gas CO2, hal ini karena busur las yang dihasilkan menjadi tidak stabil sehingga menyulitkan welder.


Keywords


GMAW-short circuit; gas pelindung argon; baja ASTM 106; gas pelindung CO2; regulated metal deposition

Full Text:

PDF

References


H. dan O. Wiryosumarto, Teknologi Pengelasan Logam. Jakarta: Pradnya Paramita, 2000.

S. Widharto, Petunjuk Kerja Las. 2001.

TWI, Welding Inspection WIS5. TWI Ltd, 2006.

S. Kou, Welding Metallurgy Handbook, 2nd ed. New York, USA: John Wiley and Sons, 2002.

W. F. G. L. Kevin dan Stapon, “7 Effects Of Shielding Gas, Arc welding article,” 2007. [Online]. Available: thefabricator.com.

A. K. Lyttle, The ASM Handbook, vol 6, Welding, Brazing, and Soldering. PRAXAIR Inc, 1993.

SAIPEM, “STT vs RMD Welding Process Investigation Report,” 2015.

Zwick/Role, “Vickers Hardness Test, Hardness Testing.” [Online]. Available: http://www.indentec.com/downloads/info_vickers_tes.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i1.3385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.