Studi Ruang Publik Apartemen Berbasis Behaviour Setting

Prasetyo Wahyudie

Abstract


Saat ini, pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat di perkotaan dan keterbatasan lahan mengakibatkan perkembangan pemukiman banyak berubah dari landed houses menjadi vertical houses (Apartemen, Rumah Susun, Kondominium dll). Pada perubahan ini di tenggarai akan terjadi pula perubahan perilaku, sosioal budaya dan lainnya. Perubahan ini akan menyebabkan ketidak nyamanan dalam menghuni hunian vertikal tersebut, terutama dalam perilakunya. Perubahan ini perlu diteliti untuk mengurangi shock culture pada apartemen menengah kebawah, khususnya guna didapatkan cara adaptasi yang optimal dari perubahan perilaku dan budaya penghuni apartemen.

Salah satu cara untuk meneliti perubahan ini adalah dengan menggunakan metoda behaviour setting dalam menstudi perilaku penghuni apartemen. Ruang publik dipilih karena merupakan ruang komunal dimana para penghuni apartemen berinteraksi satu sama lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku di dalam ruang public, khususnya koridor, lobby, play ground menunjukkan bahwa ruang tersebut dirasakan sebagai ruang yang mengarah sebagai ruang perpanjangan dari hunian mereka. Ruang publik; kolam renang, minimart, apotik dan lainnya dimaknai sebagai fasilitas biasa selayaknya fasilitas pada daerah perumahan.


Keywords


Behaviour setting; Ruang Publik; adaptasi; perilaku; apartemen

Full Text:

PDF

References


D. HIJRIWATI, “Implementasi Pencanangan Kebijakan Kawasan Bebas Kumuh Melalui Hunian Model Rusunawa di Kota Pekalongan,” J. Ilmu Pengetah. dan Teknol., vol. 22, no. 1, 2012.

R. A, House Form and Culture. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc, 1969.

S. BAHRI, “Rumah Susun sebagai Bentuk Budaya Bermukim Masyarakat Modern,” J. Sist. Tek. Ind., vol. 6, no. 3, 2005.

I. AKMAL, Menata Apartemen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007.

J. LANG, Creating Architectural Theory : The Role of The Behavioral Sciences in Environmental Design. New York: Van Nostrand Reinhold Company, 1987.

S. B. A. WAHYUDIE. P, “Personalization as Sustainable Living in Public Space of Apartment,” in International Conference of Creative Industri, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i1.3427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.