STRATEGIC PLACE TRIANGLE PENGEMBANGAN POTENSI KAWASAN PARIWISATA BOJONEGERO
Abstract
Kabupaten Bojonegoro ditetapkan sebagai salah satu Daerah Tujuan Wisata (DTW) di Jawa Timur karena memiliki potensi obyek wisata alam dan budaya yang telah mendapatkan perhatian wisatawan nusantara pada umumnya. Dalam kebijakan pengembangan yang tertuang dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata (RIPP) Jawa Timur 1999-2015 Kabupaten Bojonegoro meskipun bukan sebagai gerbang utama namun memiliki peran strategis untuk mendorong pertumbuhan kawasan di sekitarnya.
Dalam penelitian, peneliti melakukan pemetakan perubahan lingkungan eksternal, pemetakan pesaing dan pelanggan, analisis internal, dan analisis TOWS. Selanjutnya akan dirumuskan Strategic Place Triangle. Yang dimaksud dengan Strategic Place Triangle adalah suatu pendekatan strategi pemasaran wilayah yang mencakup tiga hal kunci, yaitu (1) Strategi yang mencakup Segmentasi-Targeting-Positioning, (2) Taktik yang mencakup Diferensiasi-Marketing Mix-Selling, (3) Value yang mencakup Brand-Servis-Proses.
Analisis pemetaan terhadap lingkungan eksternal dan internal dengan menggunakan pendekatan Strategi Pemasaran Wilayah (Marketing Places) tersebut akan menghasilkan Positioning, Diferensiasi, dan Brand, bagi potensi kawasan pariwisata Bojonegoro. Positioning- nya adalah ibarat Bali bagi Jawa Timur dengan kekhasan tetap memegang nilai-nilai religi dan kultur lokal setempat. Diferensiasi-nya adalah one-stop-shopping services, pesona wisata yang tak berakhir, cantik alami, penduduknya yang santun, ramah dan mempesona. Brand-nya adalah Pesona Wisata Bojonegoro.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alex S. Nitisewito, Marketing, ghalia Indonesia, Jakarta, 1991. 2.
Alkadri, dkk, Manajemen Teknologi Untuk Pengembangan Wilayah,- Konsep Dasar, Contoh Kasus,dan Implikasi Kebijakan-, Penerbit Pusat Kajian Kebijakan Teknologi Pengembangan Wilayah (P2KTPW) BPPT, Jakarta, 2001.
Basu Swasta DH dan Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi kedua, Liberty, 1992
Basu Swastha DH, Azas-azas Marketing, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1988
Dwijowijoto, Riant Nugroho, Kebijakan Publik- Formula,Implementasi, dan Evaluasi-, PT. Alex Media Komputindo, Jakarta, 2003
Hunger J. David & Thomas L Wheelen, Manajemen Strategis, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2003
Kartajaya Hermawan, dan Yuswohadi, Attracting- Tourists, Traders, Investors- Strategi Pemasaran Daerah di Era Otonomi, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2005.
Kartajaya Hermawan, Perjalanan Pemikiran Konsep Pemasaran, Penerbit Erlangga, Jakarta 2010
Kountour, Ronny, Motede Penelitian,- Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis,- Penerbit PPM, Jakarta, 2004.
_____________, Peraturan Daerah Propinsi Jawa Timur Nomor 8 Tahun 2005, RPJMD Prop. Jawa Timur Tahun 2006 – 2008.
Nawawi Hadari, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta 2001
Nasir Moh, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1999
Newwave Marketers, edisi September 2010, artikel tentang : “From Product to Co-Creation, From Citizen to Netizen”. Abdi R. Sastrawinata
Nurif Muchammad, Analisis Model Strategic Places Triangle untuk Pengembangan Kawasan Pariwisata, dalam Jurnal Manajemen & Bisbis Terakreditasi Volume 6 Nomor 1 2007, ISSN 1412-3789
Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro No. Tahun 2013 tentang, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2013 – 2018.
Phillp Kotler, Marketing Management, Prentice-Hall International, Inc., 2003.
Phillip Kotler, dkk, Rethinking Markerting – Sustainable Market-ing Entreprise di Asia, PT. Prenhallindo, Jakarta, 2003. Philip Kotler, dkk, Marketing Asian Places – Attracting Invesment, Industry, and Tourism to Cities, States and Nations, John Wiley & Sons (Asia) Pte Ltd, 2002.
Stoner James A.F., dan R. Edward Freeman, Management, Intermedia, Jakarta, 1994.
DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v8i1.1240
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.