SOCIAL SKILL TRAINING (SST) SEBAGAI INTERVENSI PADA ANAK DENGAN GANGGUAN SIKAP MENENTANG

Ni Gusti Made Rai

Abstract


Perubahan jaman menunjukkan adanya berbagai macam problem sosial yang salah satunya sering terjadi di masyarakat adalah anak yang suka membuat masalah atau bullying. Dalam bahasa awam lebih dikenal oleh masyarakat yaitu dengan istilah anak membangkang, dan dalam bahasa ilmiah disebut dengan Oppositional Deviant Disorder (ODD).  Strategi untuk mengatasi persoalan tersebut, yang mampu mengurangi persoalan ODD  adalah lingkungan bukan hanya para ahli Psikolog saja.   Diharapkan ada gerakan yang mampu menumbuhkan adanya kemampuan sosial (social skill) yakni dengan latihan-latihan yang dapat diprogram oleh para ahli seperti psikolog ataupun psikiater. Oleh karena itu diharapkan Masyarakat  mulai mengenal, mengetahui ciri-ciri klinis dari ODD, sehingga mampu  menangani  persoalan gangguan sikap menentang ini.


Keywords


Sosial Skill, ODD

Full Text:

PDF

References


Chen, Kaili) (2006)) Social Skill Intervention fo Students with Emotional/Behavior isorder: A Literature Review from the American Perspective) Academic Journals: Educational Research and Reviews, 1 (3)) Hal) 143-149)

Diagnostic and and Statistical Manual of Mental Disorder) Fourth Edition) Text Revision) (2000)) USA)

Hersen, Michel), & Jay C) Thomas) (2006)) Comprenhensive handbook of Personality and pychopatology) USA: John Wiley & Sons, Inc)

Jones, Vern), Elizabeth Dohrn), Cory Dunn) (2004)) Creating Effective Programs for Students with Emotional and Behavior Disorder: Interdiciplinaru Approaches for Adding Meaning and Hope to Behavior Change Interventions) USA: Pearson Education)

Mash, Eric J) Wolfe, David A) (1999)) Abnormal Child Psychology) USA: Wadsworth)

Roberts, Clare) (2010)) Mental Health Promotion in Children: Social Life Skill) Perth: Curtin University of Technology)

Segrin, Chris), Melissa Taylor) (2007)) Positive Interpersonal Relations Mediate the Association Between Social Skill and Psychological Well-Being) Journal of Personality and Individual Differences, 43) Hal) 637-646)

Spence, Susah H) (2003)) Social Skill Training with Children and Young People: Theory, Evidence and Practice) Journal Child and Adolescent Mental Health, 8 No) 2) Hal) 84-96)

Sumiati, Neneng Tati) (2006)) Gangguan Sikap Menentang (Membangkang) pada Anak) Jurnal Tazkiya, 6, No) 1) Hal) 44-52)




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v8i1.1242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

p-ISSN (1979-5521)  e-ISSN (2443-3527)