PENGEMBANGAN SMU BERKUALITAS (PLUS) DARI ASPEK PENGEMBANGAN SISWA DAN GURU
Abstract
Dewasa ini Arus Komunikasi dan Informasi melaju dengan cepat mengakibatkan timbulnya persaingan di segala bidang kehidupan diantara bangsa-bangsa. Keadaan demikian menuntut adanya sumber daya manusia yang berkualitas yang memiliki: bakat, kemampuan dan kecerdasan luar biasa. Upaya untuk menjawab tantangan dan tuntutan demikian perlu dikembangkan pendidikan sekolah yang berkualitas, antara lain Sekolah Menengah Plus. Sekolah Menengah Plus adalah SMU yang dipersiapkan untuk dapat dikembangkan menjadi SMU yang memiliki ciri-ciri plus. Dengan mengembangkan SMU Plus berarti juga menjawab permasalahan Pendidikan di Indonesia yang meliputi: 1). Pemerataan pendidikan dalam Pembangunan Indonesia; 2) Relevansi pendidikan dengan Pembangunan Indonesia; 3) Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia; 4) Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas Pendidikan di Indonesia
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amiruddin, A, Aspirasi Peningkatan Kemampuan Profesional dan Kesejahteraan Guru. Jakarta, 2000
Arifin, Imron, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengelola Madrasah Ibidaiyah dan Sekolah Dasar Berprestasi : Studi Multi Kasus MIN, Malang I, MI Mamba’ul Ulum dan SDN Ngaglik I Batu di Malang. Disertai, PPS IKIP Malang, Malang, 1998.
Ditdikmenum, Petunjuk Teknis Pengelolaan SMU Plus. Ditjendikdasmen,
Jakarta, 1996.
Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar dan Mengajar. Sinar Baru Algensindo,
Bandung, 2000.
Pidarta, Made, Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Rineka Cipta, Jakarta, 1990.
Pidarta, Made, Perencanaan Pendidikan Partisipatori Dengan Pendekatan Sistem. Rineksa Cipta, Jakarta, 1990.
Siagian, Sondang P, Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta, 1993.
Sukardi, Dewa K, Bimbingan Karir di Sekolah-sekolah. Ghalia Indonesia, Jakarta, 1985.
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2000.
Tilaar, H.A.R, Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional. Indonesia Terang, Magelang, 1999.
DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v7i2.591
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.