POTENSI PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PERSUASIF DI SOSIAL MEDIA

Sigit Pamungkas

Abstract


Salah satu pendekatan yang sering digunakan dalam berkomunikasi adalah Komunikasi Persuasif; yaitu suatu pendekatan komunikasi yang bertujuan mengajak atau mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu, tanpa adanya unsur-unsur paksaan. Pendekatan komunikasi persuasif sangat beragam. Salah satu di antaranya adalah Komunikasi Persuasif menurut Aristotle, yaitu: Argumen yang bersifat logis, argumen yang bersifat psikologis dan argumen berdasarkan kredibilitas si pemberi argumen. Setiap orang memiliki keunikan tersendiri untuk dipersuasi, serta cenderung bisa dipersuasi dengan salah satu pendekatan tersebut secara dominan. Praktek komunikasi persuasif melalui media sosial semakin tidak terbendung. Pesan komunikasi yang dikirim dalam format digital sangat mudah dimanipulasi, hal ini memicu kreatifitas para komunikatornya. Salah satu bentuk kreatifitas yang dikembangkan adalah game interaktif yang bisa dikategorikan sebagai produk multimedia. Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan besarnya potensi dan peluang bagi praktisi industri kreatif dan multimedia di Indonesia. Selain karena banyaknya pengguna sosial media, kebutuhan untuk terus memberikan persuasi (promosi ataupun kampanye)melalui media online terus meningkat. Tulisan ini juga berisi paparan usulan dari penulis tentang aplikasi multimedia edukatif hasil dari penelitian penulis yang didanai oleh DIKTI pada bulan Juli – Desember 2013 lalu.


Keywords


Media Pembelajaran, Media Sosial, Multimedia, Komunikasi Persuasif, Pengambilan Keputusan

Full Text:

PDF

References


Beck, John.C., Wade, Mitchell (2006). The Kids Are Alright: How the gamer generations is changing the workiplace. Harvard Business School Press.

Beck, John.C., Wade, Mitchell (2007). The Kids Are Alright: Gamers Juga Bisa Sukses,Beginilah Cara Generasi Gamer mengubah Lingkungan Kerja. Terj.Isman H.Suryaman. Jakarta : Grasindo.

Flew, Terry(2008). New Media an Introduction. New York : Oxford University Press.

Herdiyan Maulana, Gumgum Gumelar(2013). Psikologi Komunikasi dan Persuasi.Jakarta : Akademia Pratama.

Kirk, Jerome., Miller, Mark. L. (1986).Reliability and Validity in Qualitative Research : Qualitative Research Methods.London :Sage Publication.

Ihza, Yustiman(2013). Bujuk Rayu Konsumerisme, Menelaah Persuasi Iklan di Era Konsumsi.Jakarta : Linea Pustaka.

Maner, Walter. “Prototyping,” Bowling Green State University online. Home page on-line.http://web.cs.bgsu.edu/maner/domains/Proto.html, internet,diakses tanggal 7 Desember 2013.

Moleong, Lexy.J. (2007).Metodologi Penelitan Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Morissan(2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa.Jakarta : Kencana Prenada Grup.

Sanjaya, Wina (2012). Media Komunikasi Pembelajaran.Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Turner H. Lynn & Richard West. Pengantar Teori Komunikasi. edisi 2. Jakarta. PT. Salemba Humanika. 2008.

Vaughan, T. Multimedia ; Making It Work 6th ed. Yogyakarta: Penerbit Andi. 2006

Vaughan, T. Multimedia ; Making It Work 8th ed. New York :McGraw Hill. 2011

Werner J.Severin, James W. Tankard, Jr. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, & Terapan di dalam Media Massa, Edisi ke-5.Jakarta : Kencana Prenada Media Grup. 2011,berita.plasa.msn.com(2014) Jokowi Juga sering Main ‘Jokowi Jump’. Dari http://berita.plasa.msn.com/nasional/merdeka/jokowi-juga-sering-main-game-jokowi-jump-1, diakses tanggal 19 Mei 2014.

Donnie Praditya Sugiarto, Youtube.com(26 Agustus 2012)Jokowi dan Basuki - What Makes You Beautiful (Bukan Kampanye High Definition Video Parody). Dari, http://www.youtube.com/watch?v=XGNK_wuz2zE, diakses tanggal 19 Mei 2014.

Fauzi Nachrowi, Youtube.com(12 Mei 2012)Lagu Warteg Boys Foke Lah Kalau Beg-Beg-Begitu!, Dari, http://www.youtube.com/watch?v=YHcQs8TlPOM, diakses tanggal 19 Mei 2014.gamegratis.com. Game Edukasi. Dari http://www.gamegratis33.com/index.php/category/Game_Edukasi, diakses tanggal 19 Mei 2014.

harianjogja.com(2014) Kampanye Hitam Capres : Pendukung Jokowi Dituduh Dalangi Penyebaran “ RIP Jokowi” Benarkah? Dari http://www.harianjogja.com/baca/2014/05/10/kampanye-hitam-capres-pendukung-jokowi-dituduh-dalangi-penyebaran-rip-jokowi-benarkah-506977, diakses tanggal 19 Mei 2014.

hukumonline.com(2007). Perlu Pembedaan Tegas antara Black dan Negative Campaign. Dari http://www.hukumonline.com/berita/baca/hol17575/perlu-pembedaan-tegas-antara-iblacki-dan-inegative-campaigni, diakses tanggal 19 Mei 2014.

JKTnew, Youtube.com(16 Sept 2012)SERU, Debat Nachrowi (Nara) VS Basuki (Ahok). [Cawagubnya Foke Vs Jokowi] Metro Tv. Dari, http://www.youtube.com/watch?v=CHZFEZGdXtQ, diakses tanggal 19 Mei 2014.

solopos.com(2014) Trending Topic : “Capres Boneka, Duh Gemes…”. Dari http://www.solopos.com/2014/04/07/trending-topic-capres-boneka-duh gemes-501031, diakses tanggal 19 Mei 2014.

solopos.com(2014) Trending Sosmed : “Ayo Tebak Siapa Capres Boneka Ya?”. Dari http://www.solopos.com/2014/04/03/trending-sosmed-ayo-tebak-siapa-capres-boneka-ya-500232, diakses tanggal 19 Mei 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v7i1.597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

p-ISSN (1979-5521)  e-ISSN (2443-3527)