PENGUATAN MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI UMUM
Abstract
Tulisan ini membahas penguatan mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) di UPM SOSHUM ITS, pertanyaan yang dijawab dalam tulisan ini adalah bagaimanakah bentuk-bentuk upaya penguatan PAI di UPM SOSHUM ITS, untuk memperoleh data tentang pertanyaan tersebut digunakaan observasi dan wawancara langsung. Alokasi waktu belajar 2 sks untuk mata kuliah PAI di UPM SOSHUM sungguh amat minim dan kurang sekali, untuk itu dibuatlah cara/metode agar mata kuliah yang dibina (PAI) mencapai sasaran yaitu dengan jalan penguatan mata kuliah PAI melalui kegiatan extra kurikuler yaitu: pendalaman Al-Qur’an, Halaqoh dan mentoring. Adapun dampak positif yang berkembang selama ini adanya penguatan PAI adalah mahasiswa aktif dan kritis bertanya, rasa ingin tahu persoalan agama Islam dan mahasiswa mempunyai ketrampilan memecahkan belajar sesuai dengan falsafah pembelajaran yang harus diorientasikan ke peserta didik (mahasiswa).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, Hafidz. “Reformasi Pendidikan Agama Islam di PTU: Visi, misi dan strategi”, dalam Dinamika Islam di Perguruan Tinggi, ed. Fuaddudin dan Hasan Bisri, Jakarta: Logos, 2002.
Ali, Muhammad Daud, “Fenomena Sempalan Keagamaan di PTU: Tantangan bagi Pendidikan Agama Islam”, dalam Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi, ed. Fuaddudin dan Hasan Bisri, Jakarta: Logos 2002.
Al-qordlowi, Yusuf, “Karekteristik Islam”, terj. Surabaya: Risalah Gusti , 1995
An-Nahlawi, Abdurrohman, “Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat”, terj. Bandung: CV. Diponegoro, 1992
Brodjonegoro, Satryo Soemantri, “Strategi Kebijakan Pembinaan Pendidikan Agama Islam (PAI) di PTU”, dalam Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi, ed. Fuaddudin dan Hasan Bisri, Jakarta: Logos, 2002
Bukhori, Mukhtar, “Spektrum Problematika Pendidikan di Indonesia”, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1996
Darajat, Zakiah, “Peranan Agama dalam Kesehatan Mental, Jakarta: Gunung Agung, 1989
Depag RI, “Islam Untuk Disiplin Ilmu Hukum, Buku Daras PAI pada PTU”, Jakarta: 2002
Faiere, Paolo, “Pendidikan Kaum Tertindas”, Jakarta: LP3ES, 2000
Hasanah, Uswatun, dkk “Modul Acuan Proses Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Agama Islam, Jakarta: Dirjen Dikti, 2002
Hasbullah, “Kapita Selekta Pendidikan Islam”, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996
Kusukah, Aman Wirakarta, ”Reformasi PAI di PTU: Visi dan Misi” dalam Dinamika Pemiiran Islam di Perguruan Tinggi, ed. Fuadduddin dan Hasan Bisri, Jakarta: Logos, 2002
Mastuhu, “Pendidikan Agama Islam di PTU” dalam dinamika Pemikiran Islam di Perhuruan Tinggi”, ed. Fuadduddin dan Hasan Bisri, Jakarta: Logos, 2002
Mukhan, Abdul Munir, “Nalar Spritual Pendidikan, Yogyakarta, Tiara Wacana, 2002
Panitia Mentoring Pusat, “Buku Panduan”, ITS, 2002
Rusli Karim, “Pendidikan Islam Sebagai Upaya Pembebasan Manusia Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia antara Cita dan Fakta”, Muslih Esa (ed), Pustaka Tiara, Yogyakarta, 1991
Romli, M. Arif, “Peningkatan Kemampuan Pembina Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Seksi Kerohanian Islam SMU Negri Se Kodya Surabaya”, LPM, Tp, 1997
Saifudin, Ahmad Muflih, “Reorientasi PAI di PTU dalam Prespektif Moral, dalam Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi, ed. Fuaddudin dan Hasan Basri, Jakarta: Logos, 2002
Yahya, M.Aziz, ”Pendidikan Agama Islam Telaah Penguatan KBK di Perguruan Tinggi”, Surabaya: Pustaka Sandi, 2005.
DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v4i2.630
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.