IMPLEMENTASI DAN EVALUASI CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI PERUSAHAAN PENGEBORAN MINYAK PETROCINA KABUPATEN BOJONEGORO - JAWA TIMUR

Sukriyah Kustanti

Abstract


Pada dasarnya  Corporate Social Responsibility (CSR)  membawa  misi organisasi dan panduan untuk berdirinya suatu perusahaan yang menjujung tinggi kepada para konsumennya. Perusahaan-perusahaan mulai menerapkan etika bisnis yang merupakan salah satu bentuk bisnis yang memperhatikan Pembangunan Berkelanjutan yang menekankan pada sinergi antara tiga aspek yakni aspek lingkungan hidup, aspek keuangan serta aspek sosial yang dikenal oleh perusahaan-perusahaan dengan sebutan Triple bottom line. JOB Pertamina – PetroChina East Java yang berada di Kabupaten Bojonegoro ini adalah Perusahaan Penanam modal asing yang bergerak pada kegiatan pemboran dalam rangka eksplorasi sumur minyak yang dilaksanakan mulai Juni 2007 hingga saat ini. Perusahaan ini sudah melaksanakan kajian lingkungan yang diharuskan oleh Lembaga Lingkungan Hidup. Oleh karena itu peneliti ingin melihat dampak dari penerapan etika sosial ekonomi yang sudah dilaksanakan selama ini. Permasalahan penelitian melihat sejauh mana implementasi dan evaluasi program CSR yang sudah dilaksanakan oleh perusahaan ini. Manfaat penelitian adalah bisa digunakan sebagai data base pemerintah dalam hal etika bisnis perusahaan serta untuk mengukur kinerja perusahaan petrocina dalam melaksanakan nilai-nilai sosial ekonomi  pada masyarakat. Hasil penelitian  Corporate Sosial Responsibility (CSR) JOB Pertamina – PetroChina East Java, yang sudah dilaksanakan sejak dilaksanakannya kegiatan pemboran di lapangan Sukowati, sebagai tanggung jawab sosial perusahaan dalam menejemen lingkungan hidup. Bentuk/wujud dari  Corporate Sosial Responsibility (CSR) yang dilaksanakan JOB Pertamina-Petro Cina adalah pemberian tali asih, dana Community Development serta perekrutan tenaga kerja masyarakat lokal dalam perusahaan tersebut. Evaluasi terhadap pelaksanaan Corporate Sosial Responsibility (CSR), tidak ada aspek kecenderungan kritis seperti sikap aksi protes dan demo masyarakat.


Keywords


CSR, pembangunan berkelanjutan, pengelolaan, pemantauan, sosialisasi, etika, perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Pesisir. 2006. Pedoman Umum Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir. Dirjen Kelautan. Jakarta.

J.Dwi Nurwoko .2006. Sosiologi Teks Pergaulan danTterapan. Jakarta : Kencana Prenada, Media Group.

Muhammad Yunus. 2011. Bisnis Sosial. Sistem Kapitalisme Baru yang Memihak Kaum Miskin. PT. Gramedia Pustaka. Jakarta.

Salim Emil, 2009. Pembangunan Berkelanjutan. Makalah Munas Perwaku. Jakarta.

Soerjani Moch. 1989. Sumberdaya Alam. Pembangunan dan Lingkungan Hidup. Jakarta.

Suharto, Edi. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung. PT. Refika Aditama.

Singarimbun, Masri. 1989. Metode Penelitian Survey. LP3ES. Yogyakarta.

Vincent Gaspersz. 2005. Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi. PT. Gramedia Pustaka umum. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v4i1.639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

p-ISSN (1979-5521)  e-ISSN (2443-3527)