JATI DIRI BAHASA INDONESIA DI ERA GLOBALISASI TEKNOLOGI INFORMASI

Marsudi Marsudi

Abstract


Jati diri bahasa, selain dipengaruhi kemasifan penggunaanya, juga didukung oleh kemampuan bahasa dalam mengungkapkan fenomena baru yang berkembang. Bahasa secara filosofis adalah pengungkapan manusia atas realitas melalui simbol-simbol. Berarti, eksistensi  bahasa Indonesia sangat tergantung pada tingkat keberhasilan mengembangkan bahasa, misalnya menciptakan kosa kata dan istilah-istilah baru, baik penyerapan kosa kata bahasa daerah maupun asing semakin digiatkan. Bahasa Indonesia harus mampu menjadi bahasa ilmu pengetahuan dan teknologi. Mengingat saat ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era global, terutama teknologi informasi sangat cepat. Suatu upaya yang sangat logis apabila bahasa Indonesia diberdayakan guna memenuhi kebutuhan alat komunikasi dalam arus globalisasi dengan melakukan pengembangan bahasa Indonesia di bidang apapun. Penyerapan bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia merupakan keadaan yang tak dapat dielakkan di era global. Namun, satu hal yang perlu dicatat, jangan sampai situasi ini mengakibatkan alienasi keberadaan bahasa Indonesia. Sebagai langkah alternatif, menurut penulis sudah saatnya membangkitkan sikap rasa bangga pemilik dan pemakai bahasa Indoesia. Rasa bangga ini sebagai salah satu wujud sikap positif terhadap bahasa Indonesia. Dengan demikian, bahasa Indonesia selain terjadi penguatan persatuan nasional, jati diri bangsa Indonesia akan terwujud dan pada akhirnya bahasa Indonesia bisa eksis di era globalisasi teknologi informasi. 


Keywords


globalisasi bahasa, jati diri bangsa, rasa bangga bahasa

Full Text:

PDF

References


Adisumarto, Mukidi. 1992. Konggres Bahasa Indonesia IV. “Sikap Positif sebagai Sarana Memanfaatkan Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia”. Jakarta: Pusat Pembinaan Bahasa dan Pengembangan Bahasa.

Dahlan, M. Alwi. 2000. Bahasa Indonesia dalam Era Globalisasi. “Bahasa Indonesia dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara: Perannya Menghadapi Globalisasi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

(http://id.wikipedia.org/wiki/ Globalisasi). Diunduh 7 Januari 2010.

http://blog.liputan6.com/2008/01/07/jati-diri/. Diunduh 11 Januari 2010.

http://www.kompas.com/polling/result.cfm?QuestionID=8. Diunduh 18 Januari 2010.

http://pusatbahasa.diknas.go.id/laman/index.php. Diunduh 20 Januari 2010.

http://www.lingua.dnaberita.com/08%20 November%202009%20Lingua%20Sastra.php. Diunduh 15 Januari 2010.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 1975. Politik Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Balai Pustaka.

Ridwan, H.T.A. 2000. Bahasa Indonesia dalam Era Globalisasi. “Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Peran Bahasa Indonesia dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara”. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendi-dikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v2i2.658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

p-ISSN (1979-5521)  e-ISSN (2443-3527)