PERILAKU DAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM PENGELOLAAN LIMBAH CAIR DOMESTIK DENGAN SISTEM SANITASI TERPUSAT DI KECAMATAN GUBENG SURABAYA

Sukriyah Kustanti

Abstract


        Pertambahan jumlah penduduk berpengaruh pada peningkatan  jumlah limbah domestik yang dihasilkan,  sehingga membawa dampak terjadinya pencemaran lingkungan alam. Salah satu wadah penampung limbah domestik adalah saluran-saluran drainase. Seringkali pula berfungsi sebagai tempat buangan limbah dari kegiatan dapur dan kamar mandi beserta  tinjanya.  Saluran Kalidami adalah salah satu saluran hulu yang berasal dari 3 buah anak saluran yakni saluran Pucang Anom Timur, Saluran Pucang Adi, dan Saluran Kertajaya, yang semuanya itu bermuara di Saluran Kalidami. Kualitas Saluran Kalidami terkait dengan ditetapkannya Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor : 02 tahun 2004, tentang Pengolahan Kualitas air dan Pengendalian Pencemaran Air sebagai badan air dengan klasifikasi kelas III. Salah satu poko permasalahan dalam melihat pengelolaan saluran-saluran tersebut adalah  peran serta masyarakat, yang  dalam hal ini merupakan kajian dalam penelitian ini. 

        Peran serta masyarakat terkait dengan bagaimana sikap dan perilaku masyarakat tersebut terhadap obyeknya. Studi kasus dalam penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana peran serta masyarakat di sepanjang anak Saluran Kalidami terhadap pengelolaan limbah cair domestik di sepanjang saluran drainase tersebut. Tujuan penelitian  untuk melihat peran serta masyarakat di sepanjang saluran tersebut. Penelitian bersifat deskriptif, dengan teknik penarikan sampling random /acak terhadap sampel penelitian. Metode pengumpulan data  adalah observasi dan survei lapangan, serta wawancara terbuka maupun wawancara dengan  kuesioner.  Hasil Penelitian menunjukkan tinkat pemahaman responden positif, demikian pula untuk sikap masyarakatnya. Namun tidak berhubungan dan berkontribusi terhadap perilaku dan peranserta masyarakat. Sehingga disimpulkan bahwa aspek ekonomi tidak berkaitan dengan faktor  peranserta masyarakat, namun lebih  pada aspek nilai budaya masyarakat.


Keywords


persepsi, sikap dan perilaku

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2004. Himpunan Peraturan Tentang “Pengendalian pencemaran air di Kota Surabaya”. Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya. Surabaya

Anonim. 1997. Drainase Perkotaan. Gunadarma. Jakarta.

Bintarto. 1983. Interaksi Desa-Desa dan Permasalahannya. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Koentjaraningrat. 1974. Kebudayaan Metalitas dan Pembangunan. PT. Gramedia. Jakarta.

Metcall and Eddy. 1991. Waste Water Engineering: treatment. Disposal, and Reuse. Mc. Graw-Hill Inc. New York.

Moch. Soerjani. 1997. Kependudukan, Sumberdaya Alam dan Lingkungan Hidup. U.I. Pres. Jakarta.

Masri Singarimbun. 1989. Metodologi Penelitian. Pustaka. Jakarta

Otto Soemarwoto. 1988. Ekologi, Pembangunan dan Lingkungan Hidup. Djambatan. Jakarta.

Pitoyo, Joko. 2004. Evaluasi Sistem Pengumpulan dan Penyaluran Air Limbah Dengan Sistem Terpusat di Kota Banjarmasin. Jurusan Teknik Lingkungan Program Studi Teknik Prasarana Lingkungan Permukiman-ITS. Surabaya.

Sarlito Wirawan Sarwono. 1900. Psikologi Sosial. Lembaga Psikologi UI. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v1i1.678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

p-ISSN (1979-5521)  e-ISSN (2443-3527)