Studi Komparatif antara Jaringan Syaraf Tiruan Boltzman Machine dan Algoritma Genetika untuk Optimasi Traveling Salesman Problem

Muhammad Isa Irawan

Abstract


Traveling Salesman Problem (TSP) dikenal sebagai suatu permasalahan optimasi klasik dan Non Deterministic Polynomial-time Complete (NPC). Permasalahan ini melibatkan se- orang salesman yang harus melakukan kunjungan sekali pada semua kota sebelum kembali ke kota awalnya, sampai akhirnya perjalanan itu disebut sempurna. Penyelesaian dari ma- salah ini adalah mencari nilai optimum yang paling murah, misalkan perjalanan dengan jarak terpendek atau yang mempunyai total harga yang termurah.

Dalam paper ini akan dianalisis penyelesaian TSP dengan JST Boltzman Machine dan Algoritma Genetika. Dari hasil komparasi tersebut ternyata JST Boltzman Machine mem- berikan hasil lebih baik untuk menyelesaikan masalah TSP. Kata kunci : Jaringan Syaraf Tiruan, Boltzman Machine , Algoritma Genetika, TSP.


Keywords


Jaringan Syaraf Tiruan; Boltzman Machine; Algoritma Genetika; TSP

Full Text:

PDF

References


Faucet, L,Fundamentals of Neural Net-works: Architectures, Algorithms, and Ap-plications, Prentice Hall, 1994.

Michalewicz, Z, Genetics Algoritms + Data Structures = Evolution Program, Third, Revised, and Extended Edition, Springer-Verlag, 1992.

Mitsuo Gen dan Runwei Cheng, Genetic Algoritms and Engineering Design, John Wiley & Sons, Inc., 1997.

Marek Obitko, Genetic Algoritms, http:cs.felk.cvut.cz=~obitko/ga/main.html.

ShaÆer, C.A., A Partical Introduction to Data Structures and Algoritms Analysis, Prentice Hall International, Inc., 1997.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j1829605X.v1i1.1346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.