Pendekatan Regresi Spline Untuk Memprediksi Model Hubungan Temperatur Dengan Produksi Pythalic Anhydride Dalam Proses Reaksi Oksidasi

Nur Asiyah

Abstract


Pemodelan Regresi apabila ada asumsi bahwa bentuk fungsional dan sebaran tertentu telah diketahui dikategorikan sebagai regresi parametrik, apabila tidak ada informasi atau tidak ada asumsi-asumsi dengan model sehingga dibiarkan mengikuti perilaku data maka dikelompokkan sebagai regresi nonparametrik.

Kebutuhan aplikasi yang komplek dengan pemodelan non linier dan kemampuan kom- putasi salah satunya adalah pendekatan analisis data melalui melalui pemodelan non- parametrik yang mana menghasilkan pendekatan analisis yang mengkaji sruktur data tersem- bunyi lebih menyeluruh dan mereduksi bias pada pemodelan parametrik. Regresi Spline dapat digunakan untuk memperoleh solusi yang optimum dari pemodelan nonparametrik. Melalui pendekatan spline ini, diaplikasikan pada proses Oksidasi, yaitu menentukan pola hubungan temperatur dan produk Phytalic Anhydride dengan katalis Vanadium Pentoksida.


Keywords


Reproducing Kernel; Penalized Least Square; Spline Smothing

Full Text:

PDF

References


Anik, Analisis Optimasi Salt Bath Temper- ature (SBT) dan Mix Ratio dalam proses reaksi Gas pada produksi Phythalic Anhy- dride dan Maleic Anhydride di PT. Petro Widada, Tugas Akhir Sarjana, Jurusan Statistika, ITS, 1999.

Ansley, C.F. & Khon, R., Estimation, Fil- tering and smothing in state space mod- els with incompletely speci¯ed initial condi- tion," The Annal. of Stattistics, 13, (1985) 1286-1316.

Ansley, C.F, Kohn, R., and Wong, C.M, Nonparametric spline Regression with Prior Information," Biometrika, 80, 1, (1993) 75-88.

Asiyah, N., Regresi Non Parametrik Spline dengan Informasi Prior Kurva Plonomial, Tesis, ITS, 2002.

Budiantara, I.N. & Subanar, Regresi Spline dan Permasalahannya, Naskah Publikasi, UGM, 1996.

Craven, P., Wahba, G., Smothing Noisy Data with Spline Functions," Numerrische Mathematic, 31, (1979) 377-403.

Kimeldorf, G.S & Wahba, G., Some Result on Tchebyche±an spline", The Annals. of Mathematic, 33, (1971) 82-95.

Wahba, G., Spline Models for Observa- tional Data, Society for Industrial and Aplied Mathematics, Philadelphia, Pensil- vania, 1990.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j1829605X.v1i1.1349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.