Simulasi Model Gelombang Pasang Surut dengan Metode Beda Hingga

Lukman Hanafi, Danang Indrajaya

Abstract


Beberapa pesisir laut di Indonesia memiliki kondisi pasang surut yang cukup tinggi. Hal ini dapat mempengaruhi pembangunan sektoral dan regional yang dilakukan pemerintah maupun swasta yang berlangsung secara intensif di daerah pesisir. Untuk itu, diperlukan suatu perangkat untuk memperkirakan kondisi pasang surut perairan dalam mendukung perencanaan suatu bangunan laut. Salah satu metode numerik yang digunakan untuk menghitung ketinggian dan kecepatan suatu gelombang
pasang surut adalah metode beda hingga. Dalam makalah ini dibahas mengenai pembentukan model matematika gelombang pasang surut dan implementasinya, yaitu perhitungan numerik dengan metode beda hingga dengan simulasi gra¯knya.

Keywords


beda hingga; gelombang pasang surut; simulasi

Full Text:

PDF

References


Irmawanti,Wahyu, (2003), Estimasi Filter Kovariansi Akar Kuadrat Dengan Rang Tereduksi Pada Penyebaran Limbah Cair di Laut, Tugas Akhir, Jurusan Matematika FMIPA-ITS, Surabaya.

Smith, G.D., (1985), Numerical Solution of Partial Di®erential Equation: Finite Di®erence Methods, Oxford University Press, New York.

Van Rijn, Leo C., (1994), Principles of Fluid Flow and Surface Waves in Rivers, Estuaries, Seas and Oceans, Aqua Publications, Amsterdam.

Verlaan, Martinus, (1998), E±cient Kalman Filtering Algirithms for Hydrodynamic Models, Technische Universeteit Delft, Delft.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j1829605X.v2i2.1377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.