Penentuan Bifurkasi Hopf Pada Predator Prey

Dian Savitri

Abstract


Dalam makalah ini, dikaji dinamika dalam sistem dinamik pada permasalahan predator prey yaitu tentang penentuan bifurkasi Hopf dengan membandingkan dua metode. Metode yang digunakan untuk menentukan jenis bifurkasi Hopf adalah kriteria divergensi dan teori penyelesaian bentuk normal. Dengan menentukan kestabilan dari titik setimbang bifurkasi akan diketahui jenis bifurkasinya, jika titik setimbang stabil maka merupakan bifurkasi Hopf superkritikal, jika titik setimbang tidak stabil disebut bifurkasi Hopf subkritikal.


Pada penyelesaian bentuk normal sistem atau model harus ditransformasikan sehingga diperoleh bentuk normal bifurkasi Hopf dengan terlebih dahulu mentranslasikan titik setimbang ke titik (0; 0), kemudian sistem diubah ke bentuk baku/standar melalui diagonalisasi matriks dan menentukan titik bifurkasi Hopf serta menentukan tanda (positif atau negatif) dari index
stabilitas. Pada kriteria divergensi terlebih dahulu dibentuk sistem yang baru dan diselidiki sifat de¯nit dari bentuk kuadrat di suatu sekitaran titik setimbang oleh karena itu perlu dicari koe¯sien dari fungsi kuadrat. Kemudian dianalisis untuk menentukan divergensinya, divergensi Á positif jika
Áxx positif dan divergensi Áxx negatif jika Áxx negatif. Pada paper ini akan dibandingkan dua metode yaitu penyelesaian bentuk normal dan kriteria divergensiuntuk menentukan jenis bifurkasi Hopf yang diterapkan pada system predator prey. Dengan demikian dapat diketahui metode mana yang lebih sederhana dan lebih mudah dalam langkah penyelesaian, sehingga dapat dijadikan sebagai metode alternatif dalam menentukan bifurkasi Hopf. Kemudian dilakukan analisis titik setimbang pada system predator prey, didapat tiga titik setimbang dan pada salah satu titik setimbang tersebut merupakan bifurkasi Hopf superkritikal.


Keywords


kriteria divergensi; penyelesaian bentuk normal; bifurkasi Hopf

Full Text:

PDF

References


Hale,J and Kocak, Dynamics and Bifurcations, Springer-Verlag, New York, 1991.

Hofbauer. J and So. J.W.H,(1990), Multiple Limit Cycle for Predator-prey Models, Math. Biosci.

Hoppensteadt .F and Waltman. P, (2002), Did Something

Change?Thresholds in Population Models, Berlin, pp 341-374.

Pilyugin, S.S and Waltman. P., (2003), Multiple Limit Cycles in Chemostat with Variable Yield, Math. Biosci, 182 pp 151-166.

Pilyugin.S.S and Waltman. P., (2003), Divergence Criterion for Generic Planar System, SIAM J Appl. Math., vol 64 no 1, pp 81-93.

Robinson, Clark,R.. P., (1997), An Introductionto Dinamical System Continous and Discrete Prentice Hall, New Jersey.

Wiggins,S., (1990), Introduction to Applied Nonlinier Dynamical Systems and Chaos, Springer-Verlag, New York.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j1829605X.v2i2.1378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.