Limits: Journal Mathematics and Its Application The journal is classified into national's 2nd highest cluster for reputable journal in Indonesia No SK: 1439/E5/DT.05.00/2024 Started from: Vol. 20 No. 3 Year 2023 Until: Vol. 25 No. 2 Year 2028
Collaboration
About The Authors
Said Munzir
Jurusan Matematika, Universitas Syiah Kuala Indonesia
Nur Aulia Zannah
Jurusan Matematika, Universitas Syiah Kuala Indonesia
Mahmudi Mahmudi
Jurusan Matematika, Universitas Syiah Kuala Indonesia
Analisa Peningkatan Pelayanan Teller Dan Customer Service Bank Menggunakan Fuzzy Logic
Said Munzir, Nur Aulia Zannah, Mahmudi Mahmudi
Abstract
Pada sistem antrian nasabah bank konvesional, jika pembagian pelayan customer service dan teller tidak sesuai dengan nasabah yang mengantri mengakibatkan nasabah mendapatkan waktu menunggu yang sangat lama pada antrian yang sedang ramai. Dalam penelitian ini digunakan sistem fuzzy logic Sugeno untuk menganalisa banyak pelayan customer service dan banyak pelayan teller yang dibutuhkan sesuai dengan nasabah yang mengantri agar antrian nasabah lebih efisiensi. Sistem ini dirancang berdasarkan data nasabah yang mengantri pada setiap petugas pelayanan bank di BRI Cabang Banda Aceh, dari tanggal 2 sampai 31 Mei 2017, untuk berbagai kondisi kepadatan antrian yang terjadi. Dari sistem fuzzy yang dibangun dapat dianalisa banyak pelayan yang dibutuhkan sesuai dengan nasabah yang mengantri. Jika antrian di customer service 10 orang dan antrian di teller 61 orang maka banyak pelayan customer service yang dibutuhkan adalah 3 orang dan banyak pelayan teller yang dibutuhkan adalah 5 orang. Dengan banyak pelayan tersebut waktu yang dibutuhkan untuk melayani nasabah menggunakan sistem fuzzy logic Sugeno lebih cepat dari pada menggunakan sistem bank konvesional sehingga dapat mengurangi waktu menunggu di customer service sebesar 2.5% dan teller sebesar 27.78%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem fuzzy logic Sugeno mampu meningkatkan efisiensi antrian nasabah
Keywords
pelayan customer service dan teller, antrian nasabah, sistem fuzzy logic Sugeno, sistem bank konvesional