Model Bayesian Hirarki Curah Hujan Untuk Menentuan Return Level Pendekatan Peaks Over Threshold

Soehardjoepri Soehardjoepri, Farida Agustini Widjajati, Retno Palupi

Abstract


Curah hujan ekstrim merupakan kondisi curah hujan yang sangat tinggi atau sangat rendah. Salah satu ilmu yang mempelajari kejadian ekstrim adalah pendekatan  Peaks Over Threshold (POT) dengan pola distribusi mengikuti Generalized Pareto Distribution (GPD).  Pada penulisan makalah ini identifikasi curah hujan ekstrim di Derah Aliran Sungai (DAS) Brantas di Kabupaten Nganjuk dilakukan dengan pendekatan POT. Selanjutnya estimasi parameter GPD dilakukan menggunakan Model Bayesian Hierarchy (MBH), distribusi prior yang digunakan dalam penelitian ini adalah conjugat prior. Hasil data curah hujan ekstrim dan hasil estimasi parameter GPD digunakan dalam perhitungan prediksi retun level  curah hujan ekstrim dalam beberapa periode waktu ke depan di lima pos hujan DAS Brantas di Kabupaten Nganjuk yang diamati. Berdasarkan hasil yang didapat, dalam satu tahun ke depan di lima pos hujan yang diamati tidak terjadi hujan ekstrim, namun dalam tiga dan lima tahun ke depan terjadi curah hujan ekstrim

Keywords


Model Bayesian Hirarki; Return Level; Peaks Over Threshold

Full Text:

PDF

References


Tim Penyusun, About Jakarta and Depok. Depok: Universitas Indonesia, 2004.

Berita Metro, “Anomali Cuaca Banyak Petani Gagal Panen,” 2016. [Online]. Available: http://m.beritametro.news/nganjuk/anomali-cuaca-banyak-petani-gagal-panen. [Accessed: 15-Jan-2017].

A. J. Mcneil, “Extreme Value Theory for Risk Managers,” Intern. Model. CAD II, 1999.

D. Cooley, D. Nychka, and P. Naveau, “Bayesian spatial modeling of extreme precipitation return levels,” J. Am. Stat. Assoc., 2007.

J. S. I. Hanugraheni and N. Irawan, “Pemodelan Bayesian Hirarki Data Curah Hujan Ekstrim di Jakarta,” J. Sains dan Seni ITS2, vol. 5, no. 1, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/limits.v15i2.3796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.