Model Matematika Persaingan Dua Spesies dengan Toksisitas dan Pemanenan Selektif

Puja Nur Audria, Miswanto Miswanto, Fatmawati Fatmawati

Abstract


Persaingan merupakan interaksi biologi antar makhluk hidup untuk bersaing mendapatkan sumber energi yang terbatas, misalnya makanan yang dibutuhkan untuk tumbuh dan bertahan hidup. Beberapa spesies mempunyai strategi tersendiri dalam bersaing, diantaranya adalah kemampuan mengeluarkan racun. Pada jurnal ini, dikaji dua model predator-prey yang dipengaruhi oleh adanya toksisitas dan pemanenan selektif. Model pertama mengkaji model persaingan dua spesies dengan adanya toksisitas dan pemanenan selektif, sedangkan model kedua mengkaji model persaingan dua spesies dengan adanya toksisitas dan pemanenan selektif dengan Holling tipe III. Dari model pertama diperoleh 4 titik setimbang yaitu dan  Dari model kedua juga diperoleh 4 titik setimbang, yaitu dan . Titik setimbang  dan  tidak stabil, sedangkan , dan  stabil dalam kondisi tertentu. Hasil simulasi numerik menunjukkan bahwa kedua spesies pada model kedua mengalami peningkatan dibandingkan dengan model pertama. Hal tersebut dikarenakan adanya kecenderungan untuk mencari musuh yang lain ketika jumlah musuh mulai berkurang

Keywords


Predator-Prey Model, Competition, Toxicity, Harvesting, Stability

Full Text:

PDF

References


N. H. T. Siahaan, Hukum Lingkungan dan Ekologi Pembangunan, Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga, 2004.

O. J. Schmitz, Ecology and Ecosystem Conservation, First Edit. Washington DC.: Island Press, 2007.

D. Abdurahman, Kelompok Pertanian dan Kesehatan, vol. Edisi 1. Bandung, 2008.

X. Jing, Z. Liu, R. Yuan, and S. Ruan, “The Effects of Harvesting and Time Delay on Predator-Prey System with Holling type II Functiona Response,” SIAM J. Appl. Math., vol. 70, pp. 1178–1200, 2009.

G. P. Samanta, “A Two Species Competitive System Under The Influence of Toxic Substances,” Appl. Math. Comput., vol. 216, pp. 291–299, 2010.

D. Pal, G. P. Samanta, and G. S. Mahapatra, “Selective Harvesting of Two Competing Fish Species in the Presence of Toxicity with Time Delay,” Appl. Math. Comput., vol. 313, pp. 74–93, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/limits.v16i2.5255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.