Implementasi Vehicle Routing Problem with Multiple Trips pada Masalah Pengangkutan Sampah

Maya Widyastiti, Muhammad Awaludin

Abstract


Salah satu tantangan yang dihadapi oleh setiap daerah, termasuk di Kota Bogor adalah masalah pengelolaan sampah. Dari tahun ke tahun, jumlah penduduk di Kota Bogor semakin bertambah. Hal ini menyebabkan volume sampah di Kota Bogor semakin meningkat. Volume sampah di Kota Bogor setiap harinya mencapai 2900 meter kubik. Akan tetapi, sampah yang terangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Galuga hanya 2100 meter kubik. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Setiap hari, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor telah melakukan pengangkutan sampah. Akan tetapi, DLH Kota Bogor memiliki keterbatasan, seperti banyaknya armada pengangkutan sampah, biaya operasional, dan sebagainya. Pada penelitian ini, model Vehicle Routing Problem with Multiple Trips diterapkan pada masalah pengangkutan sampah dengan tujuan meminimumkan biaya operasional pengangkutan sampah. Solusi diperoleh dengan bantuan perangkat lunak LINGO 11.0 menggunakan metode Branch and Bound. Hasil yang diperoleh sebesar Rp.9.469.072,22, dengan rincian Bogor Tengah sebesar Rp.941.650,205, Bogor Utara sebesar Rp.1.980.716,265, Bogor Timur sebesar Rp.1.032.562,5, Bogor Barat sebesar Rp.1.448.955,075, Bogor Selatan sebesar Rp.2.456.550, dan Tanah Sareal sebesar Rp.1.617.638,175.


Keywords


Multiple trips; pengangkutan sampah; Vehicle Routing Problem

Full Text:

PDF

References


Nugroho, L. A. 2018. Volume Sampah Kota Bogor Naik 2 Persen, Kebanyakan dari Rumah Tangga. (Online). (http://bogor.tribunnews.com/2018/04/10/volume-sampah-kota-bogor-naik-2-persen-kebanyakan-dari-rumah-tangga, diakses 4 April 2019).

Apriyanti, D., Kresnawati, D. K. & Diniyah, W. F. (2018). Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis Untuk Analisis Rute Armada Pengangkutan Sampah Di Kota Bogor. Proceeding National Seminar of Geomatics Geospatial Information Agency. Bogor, Indonesia.

Toth P, Vigo D. (2002). An overview of vehicle routing problems. Di dalam Toth P, et al., editor. The Vehicle Routing Problem. Philadelphia: Siam; hlm. 1-26.

Hiermann, G., Puchinger, J., Ropke, S., Harlt, R. F. (2016). The Electric Fleet Size and Mix Vehicle Routing Problem with Time Windows and Researching Stations. European Journal of Operational Research 252(2),995-1018.

Baran, E. (2018). Route Determination for Capacitated Vehicle Routing Problem with Two Different Hybrid Heuristic Algorithm. International Journal of Engineering Science and Application 2(2).

Wassan, N. A. & Nagy Gabor. (2014). Vehicle Routing Problem with Deliveries and Pickups: Modelling Issues and Meta-heuristics Solution Approaches. International Journal of Transportation 2(1),95-110.

Grangier, P., Gendreau, M., Lehuede, F. & Rousseau, L. M. (2016). An Adaptive Large Neighborhood Search For The Two-Echelon Multiple-Trip Vehicle Routing Problem With Satellite Synchronization. European journal of operational research 254(1), 80-91.

Vincent, F. Y., Jewpanya P. & Redi, A. A. N. P. (2016). Open Vehicle Routing Problem With Cross-Docking. Computers & Industrial Engineering 94, 6-17.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/limits.v18i1.6038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.