Barisan Aritmetika Bertingkat dengan Menggunakan Interpolasi Lagrange

Heri Purnawan, Subiono Subiono

Abstract


Penelitian ini membahas tentang suatu cara yang belum pernah digunakan untuk mengkonstruksi rumus suku ke-n barisan aritmetika bertingkat menggunakan interpolasi Lagrange. Rumus yang telah didapat bisa dimanfaatkan untuk memperoleh suku ke-n dari barisan aritmetika bertingkat k, dengan syarat diketahui sebanyak  suku dari barisan tersebut. Melalui beberapa contoh ternyata bahwa rumus suku ke-n menggunakan interpolasi Lagrange, yaitu u_n dapat digunakan untuk memperoleh nilai suku yang diinginkan.

Keywords


barisan bertingkat; interpolasi Lagrange

Full Text:

PDF

References


R. G. Bartle and D. R. Sherbert, Introduction to Real Analysis, Fourth Ed. John Wiley & Sons, Inc., 2010.

P. Iryanti, Pembelajaran Barisan, Deret Bilangan dan Notasi Sigma di SMA. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika, 2008.

Y. Azrida and S. Gemawati, “Menentukan Suku Ke-n Barisan Bertingkat,” vol. 1, no. 2, pp. 45–53, 2015.

R. L. Burden and J. D. Faires, Numerical Analysis, Ninth Ed. Boston, MA 02210: Richard Stratton, 2015.

L. W. Astuti, S. Sudarwanto, and L. Ambarwati, “Perbandingan Metode Lagrange dan Metode Newton pada Interpolasi Polinomial dalam Mengestimasi Harga Saham,” JMT J. Mat. dan Terap., vol. 2, no. 1, pp. 25–35, 2018.

T. Yulianto, N. I. Ulfaniyah, and R. Amalia, “Peramalan HIV Menggunakan Interpolasi Lagrange,” Zeta-Math J., vol. 2, no. 1, pp. 3–6, 2016.

I. Rodliyah, “Aplikasi Interpolasi Lagrange dan Ekstrapolasi dalam Peramalan Jumlah Penduduk,” in Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 2015, pp. 265–272.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/limits.v19i2.8298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.