Space Time Permutation Scan Statistics untuk Mendeteksi Hotspot Kriminalitas di Kota Padang, Sumatera Barat

Puteri Bulqis Azhari, Hazmira Yozza, Dodi Devianto

Abstract


Space time permutation scan statistics merupakan metode yang digunakan dalam mengidentifikasi kelompok daerah yang memiliki risiko tinggi (hotspot) atau rendah (coldspot) dari suatu kejadian luar biasa berdasarkan aspek ruang dan waktu. Metode ini hanya membutuhkan data kasus yaitu waktu dan lokasi untuk mendeteksi suatu kejadian tanpa membutuhkan data populasi. Pada penelitian ini, akan ditentukan hotspot kasus pencurian motor di Kota Padang, Sumatera Barat dalam periode Desember 2019 sampai dengan November 2020 dengan menggunakan data kasus harian curanmor yang bersumber dari Kepolisian Resort Kota Padang. Penelitian ini juga menggunakan data spasial dari masing-masing tempat kejadian dengan bantuan dari data satelit Goggle Earth Pro. Daerah yang signifikan secara statistik yang berpotensi menjadi hotspot diambil berdasarkan Likelihood Ratio Test (LRT) dan ditetapkan berdasarkan scanning window yang memiliki nilai LRT tertinggi dengan nilai-p < 0.05. Berdasarkan hasil analisis yang didapat dengan bantuan software SaTScan, dari 5 calon kandidat hotspot, didapat 2 hotspot yang berpusat di Padang Timur yang meliputi Padang Timur, Padang Selatan dan Lubuk Begalung dan Pauh yang meliputi Pauh, Koto Tangah dan Lubuk Kilangan.


Keywords


Space Time Permutation Scan Statistics, Hotspot, Likelihood Ratio Test (LRT), Scanning Window, klaster(kelompok)

Full Text:

PDF

References


W. . Mubarak, Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia : Teori dan Aplikasi dalam Praktik. Jakarta: EGC, 2007.

Badan Pusat Statistik, “Statistik Kriminal 2020,” 2020.

M. Kulldorf, “SaTScanTM User Guide, for version 9.6,” 2021

M. . Peneira, “Space Time Clustering Analysis Perfomance of an Agregated Dataset: The Case of Wildfires in Portugal,” Elsevier, vol. 72, pp. 239–249, 2015.

N. Sambas and Dian A, Kriminologi: Perspektif Hukum Pidana. Jakarta: Sinar Grafika, 2019.

L. J. Bain and M. Engerhardt, Introduction to Probability and Mathematical Science. Second Edition, 2nd ed. California: Duxbury Press, 1992.

R. E. Walpole, Pengantar Statistika, 3rd ed. Jakarta: Erlangga, 1995.

R. V Hogg, J.W.McKean, and A. T.Craig, Introduction to Mathematical Statistics, 2019th ed. Boston: Pearson Education Inc, 2019.

R. M. Arifin, “Space Time Permutation Scan Statistics,” Universitas Indonesia, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/limits.v19i2.9824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.