DESAIN KONTROL POSISI PADA PANEL SURYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY SLIDING MODE CONTROL (FSMC)

Mardlijah Mardlijah, Wawan Ismanto, IGN Rai Usadha

Abstract


Salah satu energi alternatif yang banyak kita miliki untuk mengatasi masalah kelangkaan energi adalah panel surya. Dalam rangka pengoptimalan penggunaan panel surya itu, diperlukan sebuah sistem pengendali yang dapat mengontrol posisi panel surya agar selalu mengikuti arah dan posisi dari matahari. Hal ini dilakukan karena energi surya diserap secara maksimal pada saat posisi tegak lurus.
Ada beberapa macam sistem pengendali yang sudah digunakan
untuk mengontrol posisi panel surya diantaranya Proporsional Integrator dan Dierensiator (PID), Sliding Mode Control (SMC) dan Fuzzy Logic Control (FLC). Dalam makalah ini dibahas penggunaan metode Fuzzy Sliding Mode Control (FSMC) pada pengendalian posisi panel surya agar selalu dalam posisi tegak lurus. FSMC merupakan kombinasi dari SMC dan FLC. Modikasi dan kombinasi pada SMC dan FLC menghasilkan performansi sistem yang lebih baik. Hal ini terlihat pada hasil simulasi yang sudah dilakukan.

Keywords


Panel Surya; Sliding Mode Control (SMC); Fuzzy Logic Control (FLC); Fuzzy Sliding Mode Control (FSMC)

Full Text:

PDF

References


Junaidi, M.A., Perancangan dan Simulasi Sistem Kontrol Posisi Pada Panel Surya dengan Menggunakan Metode Fuzzy Sliding Mode Control, Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2009.

Kuo, C. B., Teknik Kontrol Automatik Jilid 1., Jakarta: Prenhallindo, 1998.

Mintorogo, D.S., Strategi Aplikasi Sel Surya Photovoltaic Cells Pada Perumahan dan Bangunan Komersial, Surabaya: Universitas Kristen Petra, 2000.

Musafa, A., Perancangan dan Simulasi Sistem Kontrol Posisi Pelacak Matahari Dengan Pengendali PID, Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur, 2003.

Ogata, K., Teknik Kontrol Automatik Edisi Kedua Jilid 1, Jakarta: Erlangga, 1996

Palm, R., Driankov, D., dan Hellendoorn, H., Model Based Fuzzy Control: Fuzzy Gain Schedulers and Sliding Mode Fuzzy Controllers, Berlin: Springer-Verlag, 1997.

Perruquetti, W. dan Barbot, J.P., Sliding Mode Control in Engineering,New York: Marcel Dekker, Inc, 2002.

Rizan, R.I., Analisis dan Perancangan Sistem Pengendali Pada Inverted Pendulum Menggunakan Metode Fuzzy Sliding Mode Control, Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2008.

Zhang, H. dan Liu, D., Fuzzy Modeling and Fuzzy Control, Boston: Birkhuser, 2006.

Zhu, F.Q.Q.M., Wineld, A., dan Melhuish, C., Fuzzy Sliding Mode Control for Discrete Nonlinear Sistems, Transactions of China Automation Society, Vol. 22, No. 2 (Sum No. 86), 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j1829605X.v6i1.1430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.