Author Guidelines

1. Pendahuluan

Jurnal Limits (Journal of Mathematics and Its Applications) dengan nomor registrasi ISSN 1829-605X (print) , ISSN 2579-8936 (online) adalah jurnal ilmiah multidisiplin diterbitkan oleh Departemen Matematika, Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains Data, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Indonesia. Limits menerima makalah hasil riset di semua bidang Matematika, terutama bidang Analisis, Aljabar, Pemodelan Matematika, Sistem dan Kontrol, Matematika Diskrit dan Kombinatorik, Statistik dan Stokastik, Matematika Terapan, Optimasi,  dan Ilmu Komputasi. Jurnal ini juga menerima makalah tentang survey literatur yang menstimulasi riset di bidang-bidang tersebut di atas.

Limits Online tersedia sejak 24 Oktober 2016 atau sejak diterbitkannya Volume 13, Nomor 2 tahun 2016, Jurnal Limits terindeks oleh Indonesia Publication Index, Google Scholar dan Cross Ref. Tim Editor Jurnal Limits mengundang Anda untuk berkontribusi sebagai penulis paper jurnal ini. Contoh penulisan format artikel di sini.

2. Penulisan Judul, Nama dan Alamat Penulis

Judul naskah harus ditulis di bagian atas halaman pertama di bagian tengah. Sementara itu, nama penulis (tanpa gelar akademis), dan alamat afiliasi penulis, harus ditulis. Kata kunci harus disusun menurut abjad  antara tiga sampai lima kata.

Penulis kontributor harus ditulis di awal diikuti penulis kedua, ketiga, dst. Komunikasi mengenai revisi artikel dan keputusan akhir diinformasikan via email hanya ke penulis kontributor. Jika terdapat lebih dari satu penulis, maka nama penulis kedua diletakkan di samping penulis pertama, dipisahkan dengan koma (,). Jika nama penulis setidaknya terdapat dua kata, maka nama pertama tidak boleh disingkat. Jika nama penulis hanya satu kata, maka ditulis sebagaimana namanya. Tetapi khusus pada versi online, nama penulis tersebut akan ditulis dua kata dengan pengulangan nama untuk kepentingan indeks metadata (Eridani, 2006, Imron dan Wahyudi, 2010).

3. Ketentuan Umum Naskah

Ketentuan umum naskah adalah sebagai berikut

  1. Naskah adalah hasil riset otentik yang tidak pernah dipublikasikan.
  2. Naskah tidak memuat elemen plagiat. Dewan Editor akan secara langsung menolak naskah yang terindikasi plagiat.
  3. Proses submit dan publikasi tidak dikenai biaya.
  4. Naskah yang sudah ditulis sesuai ketentuan dari jurnal Limits (dengan Ms. Word, menggunakan template) harus disubmit secara online menggunakan Open Journal System (OJS) pada portal Jurnal Limits.
  5. Template dan ketentuan dari penulisan artikel  menggunakan format Ms. Word yang dapat diunduh.
  6.  Naskah submit online dapat dilihat pada bagian Ketentuan submit online di bawah
  7. Naskah yang tidak sesuai dengan ketentuan penulisan jurnal Limits akan dikembalikan kepada penulis sebelum proses review.
  8. Naskah harus memuat beberapa aspek artikel ilmiah yaitu: (a) judul artikel, (b) nama penulis (tanpa gelar), (c) alamat afiliasi penulis, (d) email penulis, (e) abstrak dan kata kunci, (f) pendahuluan, (g) metode, (h) hasil dan pembahasan, (i) simpulan , (j) daftar pustaka.
  9. Subjudul yang termasuk dalam bagian diskusi (Pendahuluan,  Metode, Hasil dan Pembahasan, dan Kesimpulan) sebaiknya menggunakan nomor Arabic dimulai dari satu. Subjudul ditulis tidak menggunakan huruf tebal.   
  10. Naskah terdiri dari lima sampai lima belas halaman. Jangan meletakkan nomor halaman
  11. Naskah yang disubmit harus berupa camera ready.
  12. Artikel ditulis menggunakan ukuran kertas A4, dengan margin sebagai berikut: kiri 25 mm, kanan 20 mm, bawah 20 mm dan atas 30 mm
  13. Teks pada artikel menggunakan tipe font Times New Roman, 12pt, spasi 1,5 dan satu kolom.
  14. Kata-kata yang merupakan bahasa asing atau yang tidak umum, ditulis miring.
  15. Setiap gambar diberi nomor diikuti judul gambar di bawah gambar.
  16. Setiap tabel diberi nomor diikuti judul tabel di atas tabel.
  17. Setiap gambar, tabel dan grafik diletakkan di tengah.
  18. Heading pada halaman gasal (dimulai halaman 3) menyatakan ringkasan judul paper sedangkan pada halaman genap menyatakan nama penulis. Font ukuran 10-point, center dengan huruf kapital pada kata pertama saja.

4. Ketentuan untuk bagian isi naskah

Judul Naskah: Judul seharusnya informatif dan ditulis secara jelas. Judul tidak boleh menimbulkan interpretasi berbeda. Huruf pertama ditulis kapital dan simetri. Judul artikel tidak boleh memuat singkatan yang tidak umum. Judul artikel ditulis maksimal dua belas kata, 18pt, dan di tengah. Sedangkan abstrak berisi 150-250 kata dan diikuti tiga sampai lima kata kunci.
Pendahuluan: Pendahuluan memuat latar belakang dan atau urgensi penelitian. Dicantumkan pula tinjauan pustaka sebagai dasar dari pertanyaan riset terbaru, ulasan penelitian sebelumnya yang relevan dengan penelitian yang dilakukan. Pada bagian akhir pendahuluan dicantumkan tujuan dari penulisan artikel.
Metode: Metode memuat metode atau pendekatan yang dilakukan, prosedur, instrumen, teknik pengumpulan data dan teknik analisa data serta hal-hal lain yang terkait dengan metode penelitiannya.
Hasil dan Pembahasan: Hasil penelitian dapat diuraikan secara deskriptif atau disajikan dalam bentuk grafik, tabel atau diagram. Pembahasan difokuskan pada mengaitkan data dan hasil analisisnya dengan permasalahan atau
Tujuan penelitian. Dapat juga pembahasan merupakan jawaban pertanyaan mengapa ditemukan fakta seperti pada data.
Simpulan: Simpulan dapat bersifat generalisasi temuan sesuai permasalahan penelitian, dapat pula berupa kemungkinan pemngembangan untuk langkah selanjutnya. Simpulan dapat berupa paragraf, namun sebaiknya berbentuk point-point dengan menggunakan numbering atau bullet.
Daftar Pustaka: Daftar pustaka hanya memuat semua pustaka yang disitasi pada naskah tulisan. Daftar pustaka harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah dan berjumlah minimum 60% dari keseluruhan daftar pustaka) diterbitkan sepuluh tahun terakhir.

5. Ketentuan untuk Sitasi dan daftar pustaka

Seluruh data atau frasa atau kalimat di artikel yang diambil dari artikel lainnya harus dicantumkan sumbernya. Penulisan daftar pustaka menggunakan aplikasi reference manager untuk menjaga konsistensi cara pengutipan dan daftar pustaka semisal Mendeley, Zotero atau lainnya. Format penulisan sitasi dan daftar pustaka yang digunakan di jurnal Limits mengikuti format yang disediakan IEEE

6. Ketentuan untuk Submit Naskah Online

  1. Naskah harus disubmit secara online menggunakan Open Journal System (OJS) pada portal Jurnal Limits DI SINI.
  2. Pertama, penulis register sebagai pembaca atau penulis (centang yang diinginkan) pada menu register DI SINI
  3. Setelah langkah registrasi selesai, login sebagai author, klik “New Submission”. Tahap pengajuan terdiri dari lima langkah yaitu (1) Start, (2) Upload Submission, (3) Enter Metadata, (4) Upload Supplementary Files, kemudian (5) Confirmation.
  4. Pada kolom “Start” , pilih Journal Section (Full Article), centang semua.
  5. Pada kolom “Upload Submission “ unduh file naskah dalam format Ms. Word di kolom ini.
  6. Pada kolom “Enter Metadata” isi semua data penulis dan afiliasinya beserta judul artikel, abstrak dan kata kunci.
  7. Pada kolom “Upload Supplementary Files” penulis dibolehkan untuk mengunduh file pendukung seperti surat pernyataan, dsb
  8. Pada kolom “Confirmation” Jika data yang sudah dimasukkan benar, maka klik “Finish Submission”.
  9. Jika penulis mengalami kesulitan dalam proses pengajuan, dapat menghubungi tim editor jurnal limits di limits@matematika.its.ac.id





Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Departemen Matematika ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://iptek.its.ac.id/index.php/limits.