INDEKS KEMAMPUAN PROSES BERDASARKAN PROPORSI PERSESUAIAN UNTUK DISTRIBUSI NON NORMAL

Laksmi Prita Wardhani, Resty Z Fahrida, Nur Hasanah

Abstract


Indeks Kemampuan proses adalah suatu alat untuk menganalisa kemampuan proses produksi apakah sesuai dengan spesikasi yang diberikan. Indeks C adalah indeks yang sering digunakan untuk mengukur kemampuan proses dengan berdasarkan proporsi bagian yang tidak sesuai (Proportion non Conforming) dan pada indeks ini data diasumsikan berdistribusi Normal. pmk

Indeks Kemampuan proses berdasarkan bagian yang sesuai (proportion of conforming) yaitu C dapat mengatasi kelemahankelemahan dari indeks kemampuan proses yang berdasarkan Proportion non Conforming diatas dimana data tidak harus berdistribusi Normal. Dalam tulisan ini dibahas analisis tentang indeks dengan menggunakan asumsi berdistribusi Non Normal yaitu distribusi Poisson dan distribusi Eksponensial berikut estimasi dari


Keywords


Indeks kemampuan proses; distribusi Poisson; distribusi Eksponensial; MLE; limit kepercayaan

Full Text:

PDF

References


Bain, L.J. dan Engelhardt, M., Introduction to Probability and Mathematical Statistics, 2nd edition, Duxbury Press, California, 1991.

Fahrida, R. Z., Kajian Indeks Kemampuan Proses C

dengan menggunakan asumsi distribusi Poisson, Tugas Akhir, Jurusan Matematika FMIPA ITS, 2008.

Nur, H, Kajian Indeks Kemampuan Process C pc pc dengan menggunakan asumsi distribusi Eksponensial Tugas Akhir. Jurusan Matematika FMIPA ITS, 2009.

Perakis, M. dan Xekalaki, E. 2002. A Process Capability Index that it based on the Proportion of Conformance. Journal Statistical Computation and Simulation, 2002, Vol 72(9), pp. 707-718.

Perakis, M. dan , Xekalaki, E., A Process Capability Indeks For Discrete Processes. Journal Statistical Computation and Simulation, March 2005, vol 75 No.3, pp 175-187.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j1829605X.v7i2.1437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.