DESAIN SISTEM KENDALI TEMPERATUR UAP SUPERHEATER DENGAN METODE FUZZY SLIDING MODE CONTROL

Mardlijah Mardlijah, Mardiana Septiani, Titik Mudjiati

Abstract


Pada suatu sistem PLTU, boiler adalah komponen yang memegang peranan penting. Superheater merupakan salah satu komponen dalam boiler yang berfungsi untuk merubah uap jenuh menjadi uap panas lanjut. Variabel yang diukur dalam superheater adalah temperatur uap dimana set point yang harus dicapai adalah 814 K. Pada penelitian ini dirancang sistem pengendali FSMC pada sistem temperatur uap superheater dan analisis terhadap performansi sistemnya dengan membandingkan metode FSMC dengan SMC. Pengendali FSMC dapat menghasilkan temperatur uap yang stabil di sekitar 813.9 K baik tanpa gangguan maupun dengan gangguan eksternal dan internal, sedangkan dengan pengendali SMC, temperatur uap dapat stabil di sekitar 813.5 K. Sehingga didapatkan kesimpulan bahwa pengendali FSMC dapat menghasilkan temperatur uap yang lebih akurat (error yang lebih kecil) daripada SMC, namun pengendali FSMC memiliki kekurangan yaitu membutuhkan waktu yang lebih lama daripada pengendali SMC.


Keywords


Superheater; Sliding Mode Control; Fuzzy Sliding Mode Control

Full Text:

PDF

References


Herlambang, T (2010). “Desain Pengendalian Ketinggian Air dan Temperatur Uap pada Sistem Steam Drum Boiler dengan Metode Sliding Mode Control (SMC)”. Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Stephanopoulos, George (1973). “Chemical Process Control”. New Jersey : Prentice Hall.

Mardlijah dkk. 2010.”Design and Performance Analysis of Speed Controller in Induction Motor with Sliding Mode Control”. ICRG ,Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada.

Ogata, Katshuiko. 2010. Modern Control Engineering. Prentice Hall Inc

Tien, N.T. (2002). “Sliding Control.” Applied Nonlinear Control. .

Ross, Timothy J. 2010. Fuzzy Logic with Engineering Application. USA: University of New Mexico.

Palm, R., Driankov, D., dan Hellendoorn, H. (1997). “Model Based Fuzzy Control : Fuzzy Gain Schedulers and Sliding Mode Fuzzy Controllers”. Berlin: Springer-Verlag

Septiani, Mardiana (2015). “Metode Sliding Mode Control (SMC) pada Sistem Temperatur Uap Superheater di PLTU 3-4 PT. PJB UP Gresik”. Laporan Kerja Praktek Jurusan Matematika. Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Mardlijah dkk. 2007. “Disain Kontrol Posisi pada Panel Surya dengan Metode Fuzzy Sliding Mode Control (FSMC)”. Jurnal Limit Matematika ITS. 2007. Vol 4 No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j1829605X.v13i1.1817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.