Menentukan Penjualan Produk Terbaik di Perusahaan X Dengan Metode Winter Eksponensial Smoothing dan Metode Event Based

Farida Agustini Widjajati, Soehardjoepri Soehardjoepri, Elisa Fani

Abstract


Peramalan penjualan memungkinkan sebuah perusahaan memiliki tingkat persediaan yang optimal untuk membuat keputusan yang sesuai dan mempertahankan efisiensi dari kegiatan operasional. Peramalan menjadi alat bantu penting bagi perusahaan untuk perencanaan produksi dan distribusi yang erat kaitannya dengan sumber daya dan biaya yang harus dikeluarkan. Oleh sebab itu, dalam Makalah ini dilakukan peramalan  dengan membandingkan dua metode yaitu metode Winter Eksponensial Smoothing dan metode Event Based untuk menentukan penjualan terbaik di perusahaan. Metode event based terdiri dari metode moving average event based dan eksponensial smoothing event based yang perhitungannya menggunakan indeks special event, dan kemudian hasilnya dibandingkan dengan metode winter eksponensial smoothing. Setelah dilakukan peramalan diperoleh hasil bahwa metode winter eksponensial smoothing sesuai untuk produk A dan produk B, yang memiliki tingkat error terkecil.

Keywords


Winter eksponensial smoothing; Moving average event based; Eksponensial smoothing event based; Indeks special event

Full Text:

PDF

References


Anggraheni, W.(2003). Peramalan Berdasarkan Event di PT.Coca Cola Distribution Indonesia SIER Surabaya. Laporan Penelitian Makalah. Surabaya: Institut Teknologi November Surabaya.

Kaltim Post (2009). Siapkan Cadangan 600 Ribu Krat (Kamis,25Desember2009)http://www.kaltimpost.co.id/?mib=berita.detail&id=6770.

Kristoko, D. H, Subanar, dan Edi, W.(2015). Winter's Exponential Smoothing and Z-Score Algorithms for Prediction of Rainfall. Boyolali: Central Java. Journal of Theoritical and Applied Information Technology 1:73.

Henifa, S. L.(2010). Peramalan Penjualan Avtur dengan Mempertimbangkan Special Event. Laporan Penelitian Makalah. Surabaya: Institut Teknologi November Surabaya.

Makridarkis, S., Wheelwright, S. C., dan Mc GEE.V E.,(1999). Forecasting Methods and Application 2nd Edition. John Wiley and Sous, Inc.

Montgomery. (2008). Introduction to Time Series Analysis and Forecasting. Canada. Wiley Interscience.

Akuno, A. O., dan Bichanga, L. A. (2015). Statistical Models for Forecasting Tourist's Arrival in Kenya. Egorton: Kenya. Journal of Mathematics and Statistics 5:60-65.

Abraham, B., dan Ledolter, J.(1983). Statistical Methods for Forecasting. Lowa: Waterloo. Journal of Mathematics and Statistics 2:121-131.

Hanke, J. E., dan Wichern, D. W.(2005). Business Forecasting Eight Edition. United state of America. Printice Hall.

Haryanto, T.(2010). Penerapan Metode Winter's Exponential Smoothing dan Single Moving Average dalam Sistem Informasi Pengaduan Obat Rumah Sakit Surabaya. Providing Seminar Nasional Manajemen Teknologi XI ITS. pp:C12-I10.

Arga, W.(1985). Analisa Runtun Waktu Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFEE.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/limits.v14i1.2127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.