SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS SEBAGAI UPAYA MEMBINA PROFESIONAL GURU SLTP/SLTA
Abstract
Supervisi merupakan kegiatan pembinaan yang dilakukan kepala sekolah kepada guru untuk membantu memperbaiki situasi pembelajaran agar para siswa dapat belajar lebih efektif dengan prestasi belajar yang meningkat.
Supervisi kunjungan kelas adalah salah satu teknik supervisi yang dilakukan kepala sekolah dengan cara mengunjungi kelas untuk mengamati secara langsung bagaimana performa guru dalam pembelajaran serta membantu meningkatkan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa semakin baik. Proses pembelajaran (instruction) adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk membantu siswa belajar. Dalam proses pembelajaran di kelas siswa dianggap telah belajar apabila tujuan pelajaran yang dirumuskan (TPK) telah dikuasai oleh siswa. Peran guru sangat besar dalam proses pembelajaran karena sebagai penanggung jawab dan sebagai pengelola proses pembelajaran di kelas. Kinerja Guru adalah hasil pekerjaan yang dikerjakan sesuai dengan tuntutan profisi guru, yang ditunjukkan dengan produktivitas kerja tinggi yang semakin lama semakin baik dan bermutu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsini, 2000, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta
Bafadal, Ibrahim, 1992, Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasi dalam Membina Profesional Guru, Jakarta: Bumi Aksara
Bogdan, Robert, 1992, Introduction To Qualitative Research Methods, A Phenomenological Approach To The Social Sciences, New York: John Wiley and Sons
Bugin, Burhan, 2001, Metodologi Penelitian Sosial: Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif, Surabaya: Airlangga University Press
Depdikbud, 1999, Pedoman Pelaksanaan Pada Pembahasan Sistem Pendidikan Tenaga Kependidikan di Indonesia, Suplemen 2 Buku II, Bidang Studi Bimbingan Konseling, Jakarta
Franseth, Jane, 1961, Supervision as Leadership, Peterson NJ: Evanstone and Row
Glickman, Carl D, 1981, Development Supervision: Alternatif for Helping Teachers Improve Instruction, Virginia: ASCD
Gunawan, Ary, H, 1996, Administrasi Pendidikan Mikro dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Hariwung, A.J, 1989, Supervisi Pendidikan, Jakarta: Depdikbud
Kosasi, Raflis, 1999, Profesi Keguruan, Jakarta: Rineka Cipta
Kundji, Zainur, H, 1998, Peran dan Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kualitas Guru SD, Malang: PPS-IKIP
Mantja, Willem, 1990, Supervisi Pengajaran dan Pembinaan Profesional Guru Sekolah Dasar, Malang: PPS-IKIP
Neagley, Ross, L, and N. Dean Evans, 1993, Handbook Of Effective Supervision Of Instruction, 4th Edition, New Jersey: Prentice-Hall
________, 1999, Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Cetakan kedua, Jakarta: Bumi Aksara
Purwanto, Ngalim, 1990, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Rusdakarya
Riyanto, Yatim, 1996, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: SIC
Roy, W. Robert, 1967, Vocation and Practical Art Education: History, Development and Principles, New York: Hoper and Row Publisher.
Sahertian, Piet, A, 2000, Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan, Malang: FIP IKIP
Sergiovanni, Thomas. J, 1971, Emerging Patterns of Supervition: Human Perpectives, New York, Mc Grow – Hill Book Company
Soetopo, H., & Soemanto, W, 1998, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara
Sutjipto dan Mukti. B, 1992, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
_______, 1991, Peranan Kepala Sekolah Menengah Sebagai Pemimpin Pendidikan, Lembaga Penerbitan IKIP Malang
Tilaar, H. A. R, 1990, Prospek Perencanaan dan Manajemen Pendidikan Nasional, (Makalah) disampaikan pada Lokakarya Profesionalisasi Manajemen Pendidikan dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional, Jakarta, 24 November 1990
DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v9i1.1281
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.