STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH
Abstract
Banyak usaha yang telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu
pendidikan di sekolah, seperti menerbitkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 19
tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Institusi pendidikan juga tidak
ketinggalan dengan mengadakan kegiatan ilmiah yang dapat mengembangkan
potensi guru melalui seminar, pelatihan, workshop dan lainnya secara
berkelanjutan sehingga guru menjadi profesional yang mempunyai kemampuan
meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah yang pada akhirnya peningkatan
mutu pendidikan akan terwujud dan menjadi kenyataan. Artikel ini membahas
faktor-faktor peningkatan mutu pendidikan, unsur-unsur peningkatatan mutu
pendidikan serta strategi peningkatan mutu pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Edward Sallis. 2006. Total Quality Management In Education (alih Bahasa
Ahmad Ali Riyadi ). Jogjakarta : IRCiSoD
Eti Rochaety,dkk.2005 . Sistem Informamsi Manajemen Pendidikan. Jakarta :
bumi Aksara
Indra Djati Sidi.2003. Menuju Masyarakat Belajar. Jakarta : Logos
Muhibbin, Zainul. 2011. Problematika MTs Swasta di Surabaya Menghadapi Era
Global, Laporan Penelitian, LPPM-ITS
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang
Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kloang klede Putra Timur
Rahman, Arif. 2009, Materi Workshop Peningkatan Kompetensi Mengajar
melalui Konsep Metaforming, Jakarta UNJ
Sagala, Syaiful.2004. Manajemen Berbasis Sekolah &Masyarakat. Bandaung :
alfabeta
Sagala, Syaiful.2005.Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta
Sudarwan Danim.2007.Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara
Suyadi Prawirosentono. 2007 . Filosofi Baru tentang Manajemen Mutu terpadu
abad 21. Jakarta : Bumi Aksara
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia..1991. Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Jakarta :Balai Pustaka
Zamroni. 2007. Meningkatkan Mutu Sekolah . Jakarta : PSAP Muhamadiyah
DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v5i2.619
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.