TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM PENDIDIKAN
Abstract
Peningkatan mutu pendidikan harus ditingkatkan terus menerus dan
berkesinambungan. Total Quality Management adalah salah satu
model atau metode yang digunakan untuk meningkatkan mutu
pendidikan di lembaga pendidikan. Total Quality Management
merupakan salah satu kunci keberhasilan tujuan pendidikan yang
paling efektif. Karena TQM mengedepankan integrasi dari semua
fungsi dan proses serta memberdayakan dan melibatkan semua unsur
yang ada di lemabaga pendidikan tersebut. TQM harus diberlakukan
terus menerus dan berkesinambungan demi tercapainya tujuan
pendidikan, yang memberikan kepuasan kepada peserta didik, orang
tua dan masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bennet, N, Crawford, M. & Riches, C. 1992. Managing Change in Education:
Individual and Organization Perspectives. London: Paul Chapman
Publishing Co.
Dikmenum Depdikbud 1999. Pelatihan Kepala Sekolah Menengah Umum,
Suplemen 2: Manajemen Peningkatan Mutu. Jakarta: Depdikbud
Hasan A. S. K. 1999. Penerapan Total Quality Management dan ISO 9000 dalam
Pendidikan Teknik. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 6 Nomor 1, Februari
, hal. 3-20
Murgatroydand the School. Buckingham: Open University Press. S. & Margon, C.
Total Quality Management and the School. Buckingham: Open
University Press
Universitas Kristen Petra. 1997. Total Quality Management untuk Pendidikan
Tinggi. Makalah pada Seminar tentang TQM di Perguruan Tinggi.
Surabaya: Universitas Kristen Petra.
DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v5i1.624
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.