TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM PENDIDIKAN

Suto Prabowo

Abstract


Peningkatan mutu pendidikan harus ditingkatkan terus menerus dan

berkesinambungan. Total Quality Management adalah salah satu

model atau metode yang digunakan untuk meningkatkan mutu

pendidikan di lembaga pendidikan. Total Quality Management

merupakan salah satu kunci keberhasilan tujuan pendidikan yang

paling efektif. Karena TQM mengedepankan integrasi dari semua

fungsi dan proses serta memberdayakan dan melibatkan semua unsur

yang ada di lemabaga pendidikan tersebut. TQM harus diberlakukan

terus menerus dan berkesinambungan demi tercapainya tujuan

pendidikan, yang memberikan kepuasan kepada peserta didik, orang

tua dan masyarakat.


Keywords


Total Quality Management, meningkatkan Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Bennet, N, Crawford, M. & Riches, C. 1992. Managing Change in Education:

Individual and Organization Perspectives. London: Paul Chapman

Publishing Co.

Dikmenum Depdikbud 1999. Pelatihan Kepala Sekolah Menengah Umum,

Suplemen 2: Manajemen Peningkatan Mutu. Jakarta: Depdikbud

Hasan A. S. K. 1999. Penerapan Total Quality Management dan ISO 9000 dalam

Pendidikan Teknik. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 6 Nomor 1, Februari

, hal. 3-20

Murgatroydand the School. Buckingham: Open University Press. S. & Margon, C.

Total Quality Management and the School. Buckingham: Open

University Press

Universitas Kristen Petra. 1997. Total Quality Management untuk Pendidikan

Tinggi. Makalah pada Seminar tentang TQM di Perguruan Tinggi.

Surabaya: Universitas Kristen Petra.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v5i1.624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

p-ISSN (1979-5521)  e-ISSN (2443-3527)