PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE-SQUARE DI KELAS TPB-ITS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS MAHASISWA

Endang Susilowati, Arfan Fahmi

Abstract


Tujuan pembelajaran Bahasa Inggris di ITS menurut Kurikulum Tahun 2010 – 2014 adalah mahasiswa diakhir proses pembelajaran dapat membaca, memahami, meringkas, dan mempresentasikan teks berbahasa Inggris, serta menyimak dan memahami materi  berbahasa Inggris tentang sain dan teknologi.  Pada pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris di ITS yang secara administrasi diselenggarakan oleh TPB ( Tahun Persiapan Bersama ), ada beberapa kendala sering dijumpai, seperti ukuran kelas yang relatif besar dengan 40 sampai 60 mahasiswa, dan kemampuan membaca mahasiswa yang relatif heterogen. Agar supaya kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris menjadi efektif untuk meningkatkan kemampuan pembelajar dalam memahami wacana tulis berbahasa Inggris mahasiswa maka metoda yang tepat untuk tindakan kelas di TPB adalah metode pembelajaran think-pair-share-square. Metode pembelajaran tersebut didasarkan pada prinsip-prinsip kerjasama (cooperative learning), yaitu metode pembelajaran yang diterapkan pada kelas yang mempunyai perbedaan kemampuan pada individu-individu anggotanya dengan membentuk kelompok-kelompok kecil sehingga memungkinkan terjadinya kerjasama dan saling membantu antar anggota kelompok dalam menyelesaikan tugas pembelajaran yang diberikan (Jacob, 1999:3). Prinsip kerjasama (cooperative learning) menitikberatkan pada  interaksi pembelajar dan antara pembelajar dan pengajar.


Keywords


Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris di ITS, Kurikulum ITS 2010-2014, Kelas TPB, Metode Pembelajaran think-pair-share-square, Prinsip kerjasama cooperative learning

Full Text:

PDF

References


Brown, Douglas, H. 2001. Teaching by Principles. An Interactive Approach to Language Pedagogy. (2nd Edition). New York. Addison Wesley Longman.

Carrol, D. 1999 The Psychology of Language, New York . Pergamon Press,.

Celce-Murcia, M and Olshtain, E. 2000 Discourse and Content in Language Teaching, A Guide for Language Teachers, Cambridge, Cambridge University Press.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003 Undang Undang no 30 tahun 2003 tentang SISDIKNAS, Sistem Pendidikan Nasional.

Ellis, Rodd. Et. al. 1999. Classroom Interaction: Comprehension and the Aqcuisition of L2 Words Meanings dalam Language Learning, A Journal of Research in Language Studies. Vol 44 no: 3

Florida Curriculum Framework, 1996.

Gibbons, P. 2003. Mediating Language Learning, Teacher Interaction with ESL Students in a Content-based Classroom dalam TESOL Quaterly Vol 37 No:2 Musim Panas 2003

Hayashi, Keiko. 1999. Reading Strategies and Extensive Reading in EFL Classes. Dalam RELC Journal Vol 30 No: 2 Desember 1999

Hood, S, Solomon, R and Burns, A. 1996. Focus on Reading (New Edition) Sydney National Centre for English Language Teaching and Research.

Huda, Nuril. 1999. Languge Learning and Teaching, Issues and Trends Penerbit IKIP Malang, Malang

Ianchu, Martha. 2000. Implementing Fluency First Activities in an Intermediate Level EAP Reading Class dalam TESOL Journal Vol 9 No:2 Musim Panas 2003

Jacob, E. 1999. Cooperative Learning in Context. An Eductional Innovation in everyday classroom. Albany State University of New York Press.

Jones, R. 2002. Strategies for reading Comprehension, think-pair-share-square, reading Quest Strategies (online) www.clcrc.com

Kemmis, S and McTaggart, R. 1998. The Action Research Planner. Greylong. Deakin University Press.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Grasindo Jakarta.

McNiff, J. 1992. Action Research: Principles and Practice. Kent. Routledge. Chapaman and Hall.

Shih, May. 1999. More than Practising Language Communicative Reading and Writing for Asian Setting dalam TESOL Journal Vol 8 No:4 Musim Dingin 1999.

Snow. C 2002. Reading for Understanding Arlington. Scince and Technology Policy Institute.

Sutarsyah. 2000. Students’ Reading Problems and Strategies. Disertasi Doktor Universitas Negeri Malang, tidak diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v2i2.659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

p-ISSN (1979-5521)  e-ISSN (2443-3527)