ASESMEN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA
Abstract
Asesmen autentik adalah suatu penilaian belajar yang merujuk pada situasi atau konteks dunia “nyata” yang memerlukan berbagai macam pendekatan untuk memecahkan masalah yang memberikan kemungkinan bahwa satu masalah bisa mempunyai lebih dari satu macam pemecahan. Dengan kata lain, asesmen autentik memonitor dan mengukur kemampuan siswa dalam bermacam-macam kemungkinan pemecahan masalah yang dihadapi dalam situasi atau konteks dunia nyata.
Asesmen autentik meliputi asesmen kinerja (Performance Assessment), asesmen portofolio (Portfolio Assesment), dan asesmen diri siswa (Student Self Assessment). Asesmen kinerja dikembangkan untuk menilai kemampuan siswa dalam mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilannya pada berbagai situasi nyata dan konteks tertentu. Asesmen portofolio merupakan salah satu cara penilaian terhadap kinerja dan hasil kerja, sehingga segala aktivitas yang dilakukan bisa dihargai dengan nilai. Asesmen diri siswa dapat meningkatkan keterlibatan siswa langsung dalam pembelajaran dan mengintegrasikan kemampuan kognitif dengan motivasi dan sikap terhadap pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Burhan Nurgiyantoro. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa Indonesia.
Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Depdiknas. (2003). Assesmen Autentik, Materi Pelatihan Terintegrasi Kompetensi
Guru Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Dikdasmen.
Feuer, M. J., dan K. Fulton. 1993. The many faces of performance assessment.
Phi Delta Kappan 74 (6): 478
Herman, J.L., P.R. Aschbacher, dan L. Winters. 1992. A Practical Guide to
Alternative Assessment. Alexandria, Va.: Association for Supervision and
Curriculum Development.
Hibbard, M. (1995). Performance Assessment in the Science Classroom. New
York: The McGraw-Hill Companies.
Johnson, D.W.& Johnson. R.T.2002. Meaningful Assessment. Boston: Allyn and
Bacon.
O’ Malley, J.M. dan Valdes Pierce, L. 1996. Authentic Assessment for English
Language Learner: Practical Approaches for Teachers. USA: Addison-
Wesley Publishing Company, Inc.
Rusijono dan Bambang Yulianto.2008. Asesmen Pembelajaran: Bahan Pelatihan
Program Continue Education bagi Guru SD di Lingkungan Dinas
Kota Surabaya Tahun 2008. Surabaya:Universitas Negeri Surabaya.
Stiggins, R. J. 1991. Facing the challenges of a new era of educational
assessment. Applied Measurement in Education 4 (4): 263- 272
Yulianto, Bambang.2005. Pembelajaran Kontektual dalam Mata Kuliah Bahasa
Indonesia Keilmuan. Makalah Disampaikan pada Seminar Bahasa
Indonesia Keilmuan di ITS Tanggal 28 Juli 2005, Surabaya: MKU ITS.
DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v2i2.660
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.