Kajian Integral Cavalieri-Wallis dan Integral Porter-Wallis serta Kaitannya dengan Integral Riemann

Ratna Sari Dewi, Sunarsini Sunarsini

Abstract


Integral Cavalieri-Wallis dan integral Porter-Wallis adalah suatu konsep baru dalam Matematika, dibangun berdasarkan konsep indivisible yang dikembangkan oleh Cavalieri dan Wallis. Metode indivisible adalah pemikiran tentang area di bawah kurva sebagai jumlah dari seluruh garis vertikal yang sejajar, yang ada di bawah kurva. Integral Cavalieri-Wallis dan Porter-Wallis dibangun melalui pendekatan limit dari jumlahan tinggi kurva pada masing-masing subinterval. Pada makalah ini dikaji bagaimana membangun integral Cavalieri-Wallis dan integral Porter-Wallis dan sifatsifatnya,
serta keterkaitan antara kedua integral tersebut dengan integral
Riemann. Dalam kenyataannya, setiap fungsi yang terintegral Riemann pasti terintegral Cavalieri-Wallis dan Porter-Wallis.

Keywords


integral Cavalieri-Wallis; integral Porter-Wallis; integral Riemann; metode indivisible

Full Text:

PDF

References


Bartle, Robert.G. dan Sherbet, Donald.R., (1994), Introduction To Real Analysis, John Wiley and sons. Singapore.

Czarnocha, B. dan Vrunda Prabhu. Indivisibles in Contemporary Calculus, NSF Grant #0126141, ROLE.

Czarnocha, B., Dubinsky, E., Loch, S., Prabhu, V. dan Vidakowic, D., (2001), Conception of Area: In Student and In history, College Mathematics Journal v.32, #3.

Prabhu, V., Porter, J. dan Czarnocha, B., (2004), Research into Learning Calculus, History of Mathematics and Mathematical Analysis, ICME-10, eproceedings.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j1829605X.v3i2.1400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.