REDUKSI RANK PADA MATRIKS-MATRIKS TERTENTU

Erna Apriliani, bandung Arry Sanjaya

Abstract


Dekomposisi nilai singular (Singular Value Decomposition - SVD)
adalah suatu metode untuk menuliskan suatu matriks dalam bentuk perkalian antara matriks diagonal yang berisi nilai-nilai singularnya (D), dengan matriks yang berisi vektor-vektor singular yang bersesuaian (U dan V ). Suatu matriks setelah dituliskan dalam matriks diagonal nilai singular dan matriks vektor singularnya dapat dilakukan reduksi rank pada matriks diagonal nilai singularnya. Reduksi rank ini bermanfaat untuk mengurangi waktu komputasi suatu algoritma yang membutuhkan perkalian matriks. Pada penelitian ini akan dilakukan reduksi rank untuk beberapa matriks tertentu. Matriks
A yang dikaji berupa matriks diagonal, matriks tridiagonal dan full matriks. Akan dikaji kaitan antara reduksi rank dan tingkat akurasi penyelesaian serta waktu komputasi. Simulasi dilakukan dengan bantuan Matlab.

Keywords


Reduksi rank; dekomposisi nilai singular; sistem persamaan linear

Full Text:

PDF

References


Golub, G.H. and Van Loan, C.F.,1989, Matrix Computation,The Johns Hopskins University Press

Apriliani, E.,2001,The Application of the Modied RRSQRT Filter on One Dimensional Shallow Water Problem; Proc ITB,Vol34,no 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j1829605X.v4i2.1411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.