PENGAMBILAN KEPUTUSAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAXIMUM SCORE OF THE TOTAL SUM OF JOINT PROBABILITIES (MSJP)

Farida Agustini Wijajati, A.D.W. Sumari, R. Sita Safitri

Abstract


Pengambilan keputusan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia untuk mengestimasi langkah apa yang harus diambil saat ini atau di masa yang akan datang. Metode yang banyak diaplikasikan dalam pengambilan keputusan adalah metode inferensi Bayesian dipadukan dengan teknik Maximum A Posteriori (MAP). Kombinasi metode teknik ini memiliki keterbatasan ketika dihadapkan pada permasalahan-permasalahan yang bersifat multi-hipotesa multiindikasi,
sehingga digunakan metode Maximum Score of the Total
Sum of Joint Probabilities (MSJP) dalam pengambilan keputusan. Salah satu studi kasus yang mendukung dalam pengaplikasian metode MSJP yaitu mengenai ekspresi interaksi gen-gen dari waktu ke waktu. Dalam penelitian ini menggunakan data yeast cell cycle sebagai studi kasus mengenai fenomena ekspresi gen. Data gen yeast yang diteliti adalah yeast tipe elu dengan 25 gen dan 36 gen dalam 18 deretan waktu.

Keywords


Pengambilan keputusan; Bayesian; MSJP; yeast cell cycle

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. S., Sumari, A.D.W, dan Zubir, H. Y. Collaborative Computation in Bioinformatics for Better Life, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya (SENTIA, Politeknik Negeri Malang, Malang, 2009.

Dudewicz, E. J. dan Mishra, S. N, Statistika Matematika Modern, Diterjemahkan oleh RK Sembiring, Bandung, ITB, 1995.

Gelman, Andrew, Bayesian Data Analysis, 1st ed, Chapman & Hall, Britain, 1995.

Sarwoko, Statistik Inferensi untuk Ekonomi dan Bisnis, Andi, Yogyakarta, 2007.

Siegel, A. F. dan Morgan, C.J., Statistics and Data Analysis An Introduction, 2nd edition, John Wiley & Son, Inc., 1996.

Sumari, A.D.W. dan Ahmad, A.S., Design and Implementation of Multi Agentbased Information Fusion System for Decision Making Support (A Case Study on Military Operation), ITB J. ICT. Vol. 2, No. 1, 42-63, 2008.

Sumari, A.D.W., dkk, Pengembangan Teori Probabilitas untuk Fusi Penginferensian Informasi, Prosiding Seminar Nasional Matematika IV. ITS, Surabaya, 2008.

Walpole, R.E. , Pengantar Statistika, Edisi ke-3 , Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1992.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j1829605X.v6i1.1426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.