PENDEKATAN GOAL PROGRAMMING UNTUK PENENTUAN RUTE KENDARAAN PADA KEGIATAN DISTRIBUSI

Vinayanti Eka R, Subchan Subchan, Titik Mudjiati

Abstract


Jaringan transportasi memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu yang terpenting adalah pada industri pengadaan barang dan jasa. Setiap perusahaan telah memiliki aturan tersendiri dalam melayani kebutuhan para pelanggan dalam hal pendistribusian barang dan jasa tersebut. Permasalahannya adalah apakah sistem yang dilakukan perusahaan selama ini adalah sistem yang terbaik atau tidak. Permasalahan penentuan rute kendaraan meliputi bagaimana merancang beberapa rute kendaraan berdasarkan satu pusat depot yang melayani beberapa pelanggan yang tersebar secara geografis, sementara dengan meminimumkan total jarak perjalanan, total waktu, dan total biaya distribusi. Permasalahan ini ditemui pada kasus pendistribusian bahan bakar minyak ke SPBU oleh ISG PT. Pertamina Surabaya. Pada tugas akhir ini yang dibahas adalah bagaimana menerapkan metode goal programming untuk membuat model penentuan rute dengan kendala-kendala yang dimiliki perusahaan sehingga diperoleh hasil yang lebih optimal. Dengan mengembangkan model penentuan rute yang sudah ada sebelumnya dan dengan menggunakan bantuan program LINGO 11.0, penentuan rute dengan metode goal programming dapat diselesaikan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa rute terbentuk dengan jarak, waktu, dan biaya paling minimum.

Keywords


transportasi; distribusi; rute; goal programming

Full Text:

PDF

References


Atmasari. 2010. Penjadwalan Perawat Unit Gawat Darurat dengan Menggunakan Goal Programming. Tugas Akhir. Metematika ITS.

Calvete, H.I., et al. 2007. A Goal Programming Approach to Vehicle Routing Problems with Soft Time Windows. European Journal of Operational Research 177 (2007) 1720-1733.

Charnes, A., Cooper, W.W., 1961 (dalam tugas akhir Kartika Megasari-Matematika ITS). Management Models and Industrial Application of Linear Programming. Wiley, New York.

Chen Z-L. 2004. Integrated Production and Distribution Operations: Taxonomy, Models, and Review. In: Simchi-Levi D, Wu D, Chen Z-L, editors. Handbook of Quantitative Supply Chain Analysis: Modelling in the E-Business Era. Boston, MA: Academic Publishers, Kluwer; 2004. p. 711–46.

Desrosiers, J, et al, 1995. Time Constrained Routing and Scheduling. Handbooks in OR & MS Vol. 8, Chapter 2, Elsevier Science B. V.

Irawan, Deni. 2010. Pengembangan Model Periodic Inventory Routing Problem untuk Penjadwalan Truk Tangki Multi Kapasitas (Studi Kasus: ISG PT. PERTAMINA UPms V Surabaya). Tugas Akhir. Teknik Industri ITS.

Megasari, Kartika. 2010. Goal Programming untuk Perencanaan Produksi Agregat dengan Kendala Sumber Daya. Tugas Akhir. Metematika ITS.

Sembiring, Anita, C. 2008. Penentuan Rute Distribusi Produk yang Optimal dengan Menggunakan Algoritma Heuristik pada PT. Coca Cola Bottling Indonesia Medan. Tugas Sarjana. Universitas Sumatera Utara.

Taha, Hamdy A, 2003. Operations Research: An Introduction Seventh Edition. Prentice Hall, Pearson Education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j1829605X.v9i1.2120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.