Regenerasi Fungsi Polinomial Dalam Rancangan Algoritma Berbasis CSPNRG Chaos Sebagai Pembangkit Kunci Pada Kriptografi Block Cipher

Alz Danny Wowor

Abstract


Penelitian ini mencari model baru dari fungsi polinomial yang dapat digunakan sebagai pembangkit bilangan acak berbasis CSPNRG chaos, kemudian dijadikan sebagai kunci pada kriptografi block cipher. Proses dilakukan dengan meregenerasi polinomial menggunakan fixed point iteration menjadi fungsi iteratif, dan pengambilan integer pada mantissa untuk memperoleh bilangan acak dari setiap iterasi.

Setiap fungsi polinomial derajat-1, derajat-2, dan derajat-3 dapat digunakan sebagai fungsi pembangkit, tetapi diperlukan pemilihan koefisien dan konstanta yang tepat dan juga ketangkasan dalam proses manipulasi aljabar pada fixed point iteration. Secara spesifik, algoritma yang dirancang merupakan proses yang ampuh karena dapat menghasilkan bilangan acak walaupun secara fungsi iterasi tidak dapat menghasilkan bilangan acak.

Pengujian korelasi pada block cipher menggunakan kunci dari bilangan acak berada pada kategori ‘rendah’, sehingga secara kriptografi kunci tersebut dapat membuat plainteks dan cipherteks tidak berhubungan secara statistik, kondisi ini akan mempersulit kriptanalis untuk melakukan kriptanalisis. Fungsi polinomial yang menjadi pembangkit dan menghasilkan bilangan acak dapat menjadi embrio dalam membangun konsep unbreakble cipher.


Keywords


Fungsi Polinomial, CSPRNG Chaos, Fixed Point Iteration, Pembangkit Kunci, Block Cipher

Full Text:

PDF

References


Steward, J., Calculus; Early Transcendentals, Belmont: Brooks/Cole, 2012.

Anton, H., Calculus, New York: John & Willey , 2012.

Fourouzan, B., Cryptography and Network Security, New York: Mc Graw Hill, 2008.

Munir, R., Kriptografi, Bandung: Informatika, 2005.

Chapra, S. & Canale, R., Numerical Methoods for Engineers, Sixth Edition, New York: Mc Graw Hill, 2010.

Montgomery, D.C. & Runger, G.C., Applied Statistics and Probability for Engineers, Third Edition, New York: John Wiley & Sons, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/limits.v14i1.2169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.