Perbandingan Metode Kalman Filter, Extended Kalman Filter, dan Ensemble Kalman Filter pada Model penyebaran virus HIV/AIDS

Agus N.A. Syarifuddin, Dian A Merdekawati, Erna Apriliani

Abstract


Pada paper ini akan dibahas mengenai perbandingan metode estimasi antara Kalman Filter, Extended Kalman Filter dan Ensembel Kalman Filter untuk mengestimasi tingkat penyebaran virus HIV/AIDS pada Gay. Digunakan persamaan  dan  pada persamaan untuk mengetahui tingkat penyebaran virus HIV pada orang yang rentan normal, rentan gay, terinfeksi normal, terinfeksi gay, dan populasi AIDS-nya. Dari beberapa simulasi yang dilakukan, dapat didapatkan hasil bahwa Metode Extended Kalman Filter jauh lebih baik dibandingkan dengan kedua metode lainnya.

 

 


Keywords


Kalman Filter; Extended Kalman Filter; Ensembel Kalman Filter; model HIV/AIDS

Full Text:

PDF

References


A. Erna, Subchan dkk, Estimation and Control Design of Mobile Robot Position, Procceding International Conference On Mathematics, Statistic and its Application (ICMSA ), 2012

F. Ana, Perbandingan Metode Kalman Filter dan Metode Ensambel Kalman Filter Pada Estimasi Konsentrasi Obat dalam Darah, Tugas Akhir : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Jember, 2013.

Mohinder S., Grewal dan Angus P., Kalman filtering : theory and practice using matlab, John Willey and Sons, Inc, 2015.

Setyawati R., Ratianingsih R., dan Indrajaya A. Analisis Kestabilan pada model penyebaran HIV/AIDS di Kota Palu Universitas Tadulako, 2014.

Welch G. dan Bishop G., An Introduction to the Kalman Filter University of North Carolina at Chapel Hill, 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/limits.v15i1.3344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.