Perhitungan Matematika Pada Peluang Inbreeding Dalam Populasi Ternak Generasi Pertama

Widya Pintaka Bayu Putra, Muhammad Firmansyah

Abstract


Level inbreeding yang tinggi pada ternak dapat menyebabkan dampak ekonomi yang besar karena dapat menurunkan produktivitas ternak antara lain berat badan, berat karkas, produksi susu dan kinerja reproduksi. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun formula matematika secara trial and error method untuk menghitung peluang terjadinya inbreeding pada populasi ternak generasi pertama (F1). Penelitian ini dilakukan dengan dua skenario sistem perkawinan yaitu kawin alam (KA) dan inseminasi buatan (IB). Asumsi yang digunakan adalah nilai service per conception (S/C) sebesar 1,00, jumlah betina (ND) dan straw (NStr) pada sistem IB sama, generasi pertama pada sistem KA dan IB terjadi secara acak (random) dan setiap induk memiliki satu anak (progeny). Parameter yang diamati yaitu peluang inbreeding pada generasi pertama (PI), jumlah kombinasi perkawinan pada tetua (NMP), jumlah kombinasi perkawinan pada generasi pertama (NMG), jumlah kombinasi perkawinan inbreeding pada sistem KA (NMI) dan IB (NMK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa formula matematika yang telah diperoleh dapat digunakan untuk menghitung nilai Pi pada kedua sistem perkawinan dan telah teruji melalui simulasi data.


Keywords


Generasi Pertama; Manajemen Perkawinan; Populasi Ternak; Peluang Inbreeding; Formula Matematika

Full Text:

PDF

References


W. Hardjosubroto,Aplikasi Pemuliabiakan Ternak di Lapangan. Jakarta: Gramedia Widiasarana, 1994

E. J. Warwick, J.M, Astuti dan W. Hardjosubroto, W,Pemuliaan Ternak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1990.

Pollet,Penggunaan Metode Statistika Untuk Ilmu Hayati. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1994.

Anonimus,“Laporan Tahunan BPPIBT-SP Ciamis, Jawa Barat”. Bandung: Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, 2015

W. P. B. Putra, S Said dan A. Sudiro,“Pengaruh jumlah pejantan dan induk serta nilai heritabilitas terhadap nilai kemajuan genetik pada sapi Sumba Ongole: Studi simulasi data”, Prosiding Seminar Nasional Perhimpunan Ilmu Pemuliaan Indonesia (PERIPI) 2017. Bogor, 3 Oktober 2017. pp. 600-608.

Y. Duma dan T. Mobius, “Potensi respon seleksi sifat pertumbuhan sapi Brahman Cross di ladang ternak Bila River Ranch, Sulawesi Selatan”, Prosiding Seminar Nasional Sapi Potong. Palu, 24 November 2008.pp. 216- 224.

W. P. B. Putra, Sumadi, T. Hartatik dan H. Saumar, “Potensi respon seleksi sifat pertumbuhan sapi Aceh”,JITV, vol. 19, pp.248-256, 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/limits.v17i2.5253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Limits: Journal Mathematics and its Aplications by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/limits.